Jumat, 22 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Kemendagri Segera Panggil Daerah yang Belum Cairkan Anggaran Pilkada

  • Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) bakal memanggil daerah yang belum mencairkan anggaran pemilihan kepala daerah (pilkada). Kemdagri akan meminta klarifikasi dari sekretaris daerah maupun biro keuangan dari sembilan daerah.

    "Kita segera undang dalam waktu sehari dua hari ini," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Senin (18/7).

    Sekadar diketahui, sebanyak sembilan daerah yang belum menyalurkan anggaran pilkada yakni Aceh Utara, Pidie, Simeulue, Gayo Lues, Mesuji, Kotawaringin Barat, Hulu Sungai Utara, Provinsi Papua Barat, dan Kabupaten Sarmi.

    "Kita nanti tanyakan kenapa kok (pencairannya) bertahap? Kenapa dicicil padahal anggarannya sudah ada?," ujar Tjahjo.

    Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah (Binkeuda) Kemdagri, Reydonnyzar Moenek mengatakan, pemanggilan direncanakan pada Jumat (22/7).

    Pria yang akrab dipanggil Donny ini menjelaskan, melalui klarifikasi akan diketahui alasan belum dicairkannya anggaran pilkada. "Segera kita akan keluarkan radiogram untuk meminta klarifikasi dan konfirmasi terkait dengan apakah ada hambatan? Intinya tidak ada alasan bagi mereka tidak menyalurkan," tegasnya.

    Mantan Penjabat Gubernur Sumatera Barat ini menuturkan, apabila terdapat unsur kesengajaan, maka daerah berpeluang mendapat sanksi. Meski begitu, dia optimistis tak ada kesengajaan. "Bisa karena terjadi tarik menarik kepentingan, itu mungkin. Tapi saya kira lebih pada hambatan administrasi," tuturnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…