Rabu, 24 April 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri Minta 9 Kepala Daerah Segara Cairkan Anggaran Pilkada

  • Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta kepada sembilan kepala daerah untuk segera mencairkan anggaran pilkada yang sudah ditetapkan dalam Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Menurut Tjahjo, pencairan tersebut mendesak agar tahapan pilkada serentak 2017 tidak terhambat.

    "Saya minta (sembilan daerah) untuk segera dipenuhi supaya tidak mengganggu tahapan-tahapan KPU di daerah," ujar Tjahjo di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol Nomor 29, Menteng, Jakarta, Kamis (14/7).

    Hingga saat ini, kata dia, ketersediaan anggaran untuk pilkada serentak 2017 sudah cukup dan tercukupi sehingga tidak perlu lagi dikhawatirkan kesiapan anggaran.

    "Secara prinsip, anggarannya sudah tercukupi, sudah ada teken NHPD. Sembilan daerah, yang ada, sebagian di Aceh juga kita cek semua. Mudah-mudahan bisa segera (dicairkan seluruhnya). Kadang-kadang nyicil keluarnya (anggaran pilkada) yang harusnya sudah penuh tapi dicicil," ungkap dia.

    Sembilan daerah yang belum mencairkan anggaran pilkadanya, antara lain, Aceh Utara, Pidie, Simeulue, Gayo Lues, Mesuji, Kotawaringin Barat, Hulu Sungai Utara, Provinsi Papua Barat, dan Kabupaten Sarmi.

    Sementara itu, Pelaksana Tugas Ketua KPU Hadar Nafis Gumay menuturkan bahwa persiapan sumber daya manusia untuk petugas penyelenggara pilkada di lapangan sudah cukup baik kecuali di sembilan daerah yang belum mencairkan NPHD-nya.

    Namun, pihaknya, kata Hadar, yakin Mendagri bisa segera meminta kesembilan daerah tersebut untuk segera mencairkan NPHD-nya.

    "Kami percaya betul dan Pak Menteri Tjahjo sudah meyakinkan juga, saya dengarkan akan dikumpulkan daerah-daerah tersebut. Seharusnya dana tersebut harus diturunkan karena kami memerlukannya," ujar Hadar.

    Sampai saat ini, kata dia, rekruitmem PPS dan PPK sedang berlangsung. Ada yang sudah sampai tahap wawancara dan beberapa daerah bahkan sudah ada yang melantik PPS dan PPK.

    "Segera akan ada bimtek-bimtek untuk mereka agar mereka segera dan siap melaksanankan tugas-tugasnya termasuk pertama-pertama untuk melakukan verifikasi faktual untuk dukungan calon perseorangan," pungkas Hadar.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…