Jumat, 22 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ditjen Polpum Kemendagri Bentuk Tim untuk Pilkada 2017

  • Direktorat Jendral (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) akan membentuk tim tim pemantauan, pelaporan, dan evaluasi Pilkada serentak 2017.

    Direktur Jenderal Polpum, Soerdarmo menyatakan, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh pemerintah daerah (pemda) tingkat provinsi dan kabupaten/kota tim dimaksud. “Tujuannya untuk melakukan deteksi dini. Lalu cipta kondisi yang kondusif dan damai, analisis evaluasi atas dampak dalam proses pilkada 2017 nanti,” kata Soedarmo, Senin (4/7).

    Dia menjelaskan, pembentukan tim mengacu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 61/2011 tentang Pedoman Pemantauan, Pelaporan dan Evaluasi Perkembangan Politik di Daerah.

    Dia menuturkan, tim yang dibentuk perlu berkomunikasi dengan komunitas intelijen daerah serta tim terpadu penanganan konflik sosial tingkat provinsi dan kabupaten kota hingga kecamatan. Selain itu, koordinasi dengan desk pilkada pada Direktorat Jenderal Otda juga harus dilakukan.

    Dia berharap agar kepala daerah serta DPRD dapat memberdayagunakan secara optimal kepala badan kesatuan bangsa dan politik (kesbangpol) daerah. Sebab, fungsi kesbangpol yaitu bertugas menjalankan tugas dan kewajiban memelihara ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam negeri di daerah.


    Files Download :

Related Posts