Rabu, 27 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri: Meski Reses, DPR dan Pemerintah Terus Bahas Revisi UU Pilkada

  • Pemerintah bersama DPR terus mematangkan pembahasan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 8/2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Meski DPR saat ini tengah memasuki masa reses hingga 18 Mei, tim perumus tetap bekerja.

    "Sekarang tim perumus dari DPR, Kemdagri (Kementerian Dalam Negeri) dan Kemkumham (Kementerian Hukum dan HAM) terus kerja," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo usai menghadiri pengukuhan pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta, Kamis (5/5) siang.

    Lebih lanjut Tjahjo menambahkan, revisi ditargetkan rampung pada akhir Mei. "Setelah reses akan segera diputuskan," ujarnya.

    Menurutnya, masih terdapat satu isu krusial yang belum disepakati. Isu itu menyangkut kewajiban mundur tidaknya anggota DPR, DPD dan DPRD jika mengikuti pilkada. "Pihak DPR minta tak perlu mundur seperti TNI/Polri dan PNS," ucapnya.

    Meski demikian, Tjahjo mengatakan, pihaknya mengingatkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan seluruh penyelenggara harus mundur. "Kalau pemerintah ikuti DPR, apakah ada jaminan MK tak akan batalkan," imbuhnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9