Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri Tekankan Pentingnya Komunikasi

  • Kemampuan untuk berkomunikasi adalah sebuah anugerah terbesar yang diberikan oleh Tuhan kepada umat manusia. Dengan menguasai komunikasi, manusia dapat menyampaikan ide, gagasan dan bertukar pendapat untuk mencapai sebuah kesepahaman.

    Hal tersebut disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, saat memberikan kuliah umum di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjajaran (Unpad) Kampus Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Rabu (13/4).

    "Saya rutin sejak jadi anggota DPR, mengundang tokoh-tokoh komunikasi. Lalu 24 jam harus bisa menjawab pertanyaan wartawan," kata Tjahjo.

    Dalam konteks kepemerintahan, dia menuturkan, komunikasi pemerintahan tidak terlepas dari relasi antara yang diperintah dengan memerintah. "Kemampuan dalam membangun komunikasi yang egaliter, tidak bersekat dan mau mendengar merupakan kunci sukses pemerintah modern sebagai strategi untuk mencapai tujuan bernegara," ujarnya.

    Menurutnya, Presiden Joko Widodo merupakan figur yang mempunyai komunikasi sangat baik. Presiden, lanjutnya, membawa model komunikasi pemerintahan modern.

    "Dengan gaya yang egaliter, tidak bersekat dan mau mendengar, beliau berhasil merombak citra pemerintah yang selama ini terkesan eksklusif dan kaku, menjadi begitu fungsional dan tidak berjarak dengan rakyat," tegasnya.

    Pada bagian lain, dia mengatakan, sinergi dan konektivitas sanggat penting dalam setiap pembangunan. Selain itu, lanjutnya, konektivitas antar daerah adalah keniscayaan.

    "Sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) harus melibatkan seluruh elemen seperti tokoh masyarakat, adat, agama maupun TNI, Polri dan kejaksaan," katanya.

    Sementara itu, Rektor Unpad, Tri Hanggono Achmad dalam sambutannya mengatakan, kokohnya pemda dapat mendorong pembangunan bangsa. "Pemda masih diharapkan jadi lini terdepan dalam pembangunan," kata Tri.

    Dia mengungkapkan, pihaknya berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia. "Dengan sumber daya manusia yang handal, maka bisa kita transformasikan dalam wujud performa kerja. Sehingga kinerja meningkat lebih baik," ucapnya.

    Dia menambahkan, Fikom Unpad tercatat selama lima tahun berturut-turut menjadi sekolah komunikasi terbaik se-Indonesia. Dia berharap adanya kerjasama dan komunikasi lebih baik antara perguruan tinggi termasuk Unpad dengan pemda.

    "Mudah-mudahan dengan sinergi kita bersama, bisa memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa," pungkasnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…