Jumat, 26 April 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Tiga Target Besar Kemendagri di 2016

  • Pelaksanaannya baru akan dimulai Maret mendatang, namun Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menargetkan pendataan  bagi program  KTP anak atau Kartu Identitas Anak (KIA), rampung di akhir tahun 2016.  

    "Kami menginginkan akhir tahun 2106 ini semua WNI maksimal punya e-KTP buat orang dewasa, anak-anak maksimal bisa terdata, dan seluruh warga negara punya akte kelahiran," ujar Tjahjo, Jumat (12/2).

    Tjahjo meyakini target dapat terwujud, apalagi dalam program e-KTP dan KIA sama sekali tidak dipungut biaya. Sehingga paling tidak, masyarakat tak diberatkan dari segi pembiayaan.

    Namun demikian, mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini mengakui, sejumlah oknum kerap memanfaatkan kondisi. Karena itu demi kelancaran program, ia berharap masyarakat menolak memberikan sejumlah uang, kalau ada oknum yang berusaha memintanya.

    "Jadi harusnya masyarakat menolak. Karena ini gratis. Di Jakarta saja masih ada oknum yang memungut biaya. Ini enggak boleh," ujarnya.

    Selain itu, Kemendagri kata Tjahjo juga akan memerketat pengawasan. Karena walau bagaimana pun, fungsi Kemendagri tidak hanya sekadar mendata penduduk, namun juga membina dan memberi pelatihan guna meningkatkan sumberdaya manusia aparatur yang ada. Agar dapat lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

    Saat ditanya apa jaminan program KIA tak menjadi bancakan segelintir oknum, Tjahjo menegaskan KIA bukan proyek besar seperti e-KTP. Karena hanya identitas semata. Jadi, tak ada alokasi dana besar. Hanya dalam kisaran miliaran rupiah untuk seluruh Indonesia. Tak sampai triliunan rupiah seperti program e-KTP. 

    "?Jadi tidak ada alokasi dana yang besar seperti e-KTP. Silakan diaudit, kami posnya ada. Saat ini dananya diambil dari APBN. Tapi nanti kalau ada daerah yang mampu, silahkan," kata Tjahjo.

    Demikian juga terhadap daerah yang sudah menerapkan program KIA sebelumnya, seperti Solo, menurut Tjahjo juga tidak masalah. Daerah dapat melanjutkannya. Karena program KIA nasional sifatnya sama dengan yang telah diterapkan daerah tersebut. Sehingga tidak akan berbenturan.


    sumber : jpnn.com


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…