Minggu, 18 November 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Kewenangan Bertambah, Ditjen Polpum Kembali Ganti Nama

  • Kepala Bagian (Kabag) Perundang-Undangan Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar menginformasikan, bahwa direktoratnya akan kembali berganti nama. Seperti diketahui, sebelum bernama Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum atau biasa disingkat Ditjen Polpum, direktorat ini bernama Ditjen Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Namun kini kembali berganti nama.

    Menurut Bahtiar pergantian nama ini seiring dengan bertambahnya tugas serta kewenangan dan juga urusan yang mesti ditangani Ditjen Polpum. Maka, setelah melalui serangkain pembahasan, Ditjen Polpum kembali dirubah nama menjadi Ditjen Kesatuan Bangsa, Politik dan Pemerintahan Umum atau Ditjen Kesbangpol dan PUM. 
    "Kami harus terus terang, bahwa yang namanya Ditjen Polpum telah diubah jadi Ditjen Kesatuan Bangsa, Politik dan Pemerintahan Umum. Ada politiknya, ada pemerintahan umumnya, ini harus clear," kata Bahtiar, saat berbicara dalam acara sosialiasi RPP tentang Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Umum di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (29/1/2016).

    Bahtiar melanjutkan dengan bertambahnya kewenangan yang dipikul Ditjen Polpum, selain perubahan nama, organisasi juga mesti diperkuat. Sempat diusulkan adanya posisi Kepala Sekretaris. Namun usulan itu tak diterima. Begitu juga dengan usulan penambahan direktorat, dari 14 yang diusulkan, hanya 9 direktorat yang disetujui. Urusan persetujuan penataan organisasi birokrasi, memang kini bukan lagi urusannya Kemendagri. Tapi sudah porsi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). 

    "Organisasi Polpum ini harus kuat. Kasihan Pak Dirjen sendirian. Makanya kami usulkan ada kepala sekretaris yang membawahi biro-biro. Ada penambahan direktorat, tapi tak disetujui. Yang disetujui penambahan direktorat, jadi 9 sekarang dari 14 yang diusulkan," ujar Bahtiar.


    Files Download :

Related Posts