Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Vertikalisasi Kesbangpol Jangan Sampai Turunkan Eselon

  • Dalam acara sosialisasi Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang pelaksanaan urusan-urusan pemerintahan umum atau biasa disingkat RPP PUM, sebagian besar Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dari beberapa provinsi, kabupaten, dan kota berharap rancangan beleid itu bisa memperkuat 'marwah' Kesbangpol. Sehingga, Kesbangpol jadi instansi yang disegani dan efektif dalam tugas.

    "RPP ini harus jalan, harus memperkuat marwah Kesbangpol," kata Abdul Manan, wakil dari Kesbangpol Bondowoso, di acara sosialisasi RPP PUM di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), Selasa (26/1/2016).

    Abdul Manan mengatakan, selama ini posisi sebagai Kepala Kesbangpol cukup berpengaruh dan dihormati. Kemudian, ia bercerita, sebelum berangkat ke acara sosialisasi, ia menyaksikan terjadinya sebuah kecelakaan lalu lintas. Ia pun cepat melaporkan itu ke Kasatlantas dan Kapolres setempat. 

    "Saya telepon Kasatlantas-nya tak dijawab. Saya telepon Kapolres-nya, dijawab siap ndan. Saya juga telepon Diknas ketika ada anak SD ikut-ikutan nulis ISIS, di jawab siap ndan. Nah, saya tak bisa bayangkan, kalau Kaban Kesbangpol turun pangkat jadi eselon IIIa, saya tak ingin PP ini belum jalan tapi sudah makan korban, korbannya Kaban Kesbangpol," tutur Abdul Manan.

    Jika kemudian dalam proses alih status pegawai, kata Abdul Manan, terjadi penurunan eselon, ia dengan terus terang memilih jadi pegawai daerah saja. Jadi katanya, Kesbangpol setelah jadi instansi vertikal mesti beda. Harus lebih berpengaruh. 
    "Kalau nanti sudah vertikal, tapi turun dari eselon IIb jadi eselon IIIa, repot," kata Abdul Manan.

    Kepala Kesbangpol Provinsi Riau Ardi Basuki, juga sependapat. Menurut dia, RPP PUM yang akan merubah status Kesbangpol jadi instansi vertikal harus memperkuat, termasuk memperkuat posisi dan status pegawainya. Jangan sampai kemudian, terjadi penurunan pangkat eselon. Ia pun minta, Kemendagri menekan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), agar memperhatikan itu. 

    "Tolong ini diperhatikan," ujarnya.


    Files Download :

Related Posts

  • Badan Kesbangpol Bahas Pemetaan Konflik Aceh

    Badan Kesbangpol dan Linmas Aceh membahas hasil studi yang dilakukan peneliti Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry tentang pemetaan jenis dan sumber konflik di Aceh. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Rasamala…
  • sample9

    Badan Kesbangpol Bahas Pemetaan Konflik Aceh

    Badan Kesbangpol dan Linmas Aceh membahas hasil studi yang dilakukan peneliti Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry tentang pemetaan jenis dan sumber konflik di Aceh. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Rasamala…
  • sample9

    Kesbangpol Lhokseumawe gelar sosialisasi bantuan hukum

    BADAN Kesbangpol dan Linmas bekerjasama dengan KontraS Aceh melaksanakan sosialisasi hak-hak bantuan hukum bagi warga negara, Senin, 9 September 2013. Kegiatan tersebut dilakukan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran bagi…