Minggu, 21 Oktober 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Presiden Jokowi Ingin Pelantikan Kepala Daerah Dilaksanakan Segera

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang berharap agar pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih dilaksanakan segera. Dengan begitu, pembangunan daerah dapat berjalan optimal.

    "Iya, Presiden memang ingin cepat (pelantikan). Paling lama Februari selesai. Jadi kalau ada APBDP, bukan penjabat (kepala daerah) lagi (yang bahas)," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Jumat (15/1).

    Dia menyatakan, pihaknya telah mengkaji teknis pelantikan. Dia menginginkan agar pelantikan hanya berlangsung satu tahap.

    Akan tetapi, dia menjelaskan, saat ini masih terdapat sengketa hasil pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). "Ternyata masih ada yang bersengketa. Dari tahapan KPU (Komisi Pemilihan Umum) sengketa selesai Maret. Tapi MK gelagatnya bisa dipercepat. Semakin dipercepat semakin baik," ujarnya.

    Dia menambahkan, kajian rancangan peraturan presiden terkait pelantikan telah dikirimkan ke Kementerian Sekretariat Negara.

    Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Presiden berharap tidak terjadi kevakuman pemerintahan di daerah. Hal itu terkait telah dilaksanakannya Pilkada Serentak 2015.

    "Prinsipnya Presiden ingin tidak terjadi kevakuman terlalu lama," kata Pramono.

    Dia menyatakan, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih akan dilantik di Istana Jakarta. "Bagi yang tidak ada sengketa segera dilantik di Istana. Bagi bupati dan wali kota yang juga tidak ada sengketa akan diminta Mendagri (Menteri Dalam Negeri) persiapkan semuanya," jelasnya.

    Dia menambahkan, tidak tertutup kemungkinan pelantikan bupati dan wali kota terpilih akan dilakukan juga di Istana. "Apakah dilaksanakan di ibukota provinsi masing-masing? Presiden ingin meminta bupati dan wali kota merasakan dilantik di Istana," imbuhnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Jokowi: Jangan Sampai Pemilu Hilangkan Kerukunan Bangsa

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat Indonesia jangan sampai terpecah belah karena persoalan pilkada dan pemilu. Presiden meminta para politikus memberikan contoh pendidikan politik yang baik…
  • sample9

    Jokowi Ditantang Berani Tiru Bung Karno

    Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK telah melewati 100 hari masa kerja. Beberapa menteri dinilai berkinerja buruk selama tiga bulan menjabat dan mulai muncul desakan Jokowi segera mencopot menteri tersebut.   Politikus…
  • sample9

    Perombakan Kabinet Kerja Jokowi Jadi Suatu Kebutuhan

    Pengamat dari Populi Center, Nico Harjanto, memprediksi Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan (reshuffle) kabinet. Menurutnya, reshuffle adalah suatu kebutuhan untuk menciptakan pemerintahan yang…
  • sample9

    Kepercayaan Publik Terhadap Jokowi Masih Tinggi

    Pengamat dari Populi Center, Nico Harjanto, menyebut kepercayaan masyarakat kepada Presiden Joko Widodo masih cukup tinggi. Menurutnya, 70 persen masyarakat memberikan nilai 6-10 terhadap…