Kamis, 16 Agustus 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Dirjen Polpum Kemendagri ‘Bikin’ Radio Komunitas di Perbatasan

  • Direktorat Jendral (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah membangun radio komunitas untuk masyarakat perbatasan di Kalimantan Timur (Kaltim). Keperluannya agar masyarakat tak terkontaminasi budaya negara tetangga.

    Dirjen Polpum Kemendagri, Soedarmo mengatakan, masyarakat perbatasan perlu sebuah hiburan dari negaranya sendiri. Sedangkan akses mereka terbatas di perbatasan sehingga dibutuhkan saranan tersebut. Media ini juga sebagai fasilitas ‘propaganda’ agar mereka tetap cinta tanah air.

    “Mereka itu (warga perbatasan) hanya mendengar lagu-lagu Malaysia. Jadi kami bangun radio komunitas agar mereka tidak terkontaminasi negara tetangga,” kata Soedarmo, Rabu (23/12).

    Sejauh ini, ia menambahkan, dirinya tak pernah banyak bicara terkait hal tersebut. Kalaupun ada suatu program, ia lebih suka untuk mematangkannya terlebih dahulu ketimbang menginformasikannya. Fokus dia adalah mensejahterakan masyarakat dan melakukan hal berguna untuk mereka.

    Tugas Ditjen Polpum sama halnya seperti intelejen, meski bukan bagian dari fungsi tersebut. Misalnya seperti deteksi dini atas potensi konflik dan ancaman lainnya. Ke depannya, sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ditjen Polpum  mewakili pemerintah akan hadir untuk masyarakat.

    “Mulai 2016 nanti, program tidak lagi ke kota-kota, namun merata ke daerah-daerah. Selain itu, perlu bersinergi dengan kementerian lembaga lain supaya tidak ada tumpang tindih urusan,” ujar dia.


    Files Download :

Related Posts