Senin, 23 April 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri Optimistis Pilkada Sukses

  • Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo optimistis pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2015 berlangsung aman, tertib dan lancar.

    ”Saya optimistis pilkada di 269 daerah ini berhasil. Kepolisian RI (Polri), Badan Intelijen Negara (BIN), serta jajaran TNI sudah lakukan deteksi dini, termasuk dengan Ditjen Polpum (Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum) Kemdagri (Kementerian Dalam Negeri). Daerah-daerah yang potensi konflik juga sudah kita kunjungi bersama Bapak Menko Polhukam serta jajaran KPU dan Bawaslu,” kata Tjahjo dalam sambutannya pada acara peluncuran bukunya yang berjudul ”Politik Hukum Pilkada Serentak”, di Kantor Kemdagri, Jakarta, Selasa (1/12).

    Dalam peluncuran bukunya tampak hadir, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Budi Waseso, Ketua OJK Muliaman Hadad. Selain itu, tampak hadir Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Wakil Sekjen PDIP Eriko Sotarduga, politikus PDIP Eva Kusuma Sundari, serta pengamat komunikasi politik Effendy Ghazali.

    Tjahjo mengakui masih adanya sejumlah daerah yang belum mencairkan anggaran pilkada. ”Memang ada beberapa kabupaten/ kota yang sudah kita panggil. Termin ketiga yang sudah tercukupi agak sedikit terhambat. Kelihatannya masih ada permainan negoisasi ulang. Tapi itu sudah kita ingatkan tidak boleh ada permainan,” ujarnya.

    Dia menjelaskan sepinya suasana selama tahapan pilkada. ”Pilkada seolah-olah memang sepi. Tapi inilah model yang ingin kita bangun. Calon kepala daerah diharapkan bisa dekat dengan masyarakat. Kampanye dialogis diutamakan daripada kampanye terbuka,” katanya.

    Sementara itu Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berharap berharap pilkada serentak menjadi pilkada yang efektif dan efisien. ”Tidak gaduh. Selama ini kan sepanjang tahun berapa ratus pilkada. Sebagai pembelajaran juga khususnya saya pembaca buku ini, saya lebih tahu mendalam ujian pilkada serentak,” ujarnya.

    Ia juga berharap para pimpinan daerah tersebut adalah calon yang sudah berjenjang. Pernah di kota, gubernur dan jadi presiden. Pada kesempatan itu ia juga menganggap bahwa buku yang ditulis Tjahjo Kumolo adalah kado masyarakat Indonesia.

    “Saya yakin semua wajib baca buku ini sebagai pengetahuan,” katanya.

    Di tempat yang sama, pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI) Effendy Ghazali berpendapat, pilkada serentak membuat demokrasi menjadi lebih tertib.

    ”Fakta di lapangan, karena pilkada 269 daerah, maka yang sumbangkan dana tidak bisa sumbang dana besar-besaran. Harus terbagi rata di 269 daerah,” katanya.

    Dia menambahkan, pilkada serentak tidak akan menimbulkan goncangan yang berarti. ”Karena calon kepala daerah tidak merasa sendirian jika kalah. Demikian halnya parpol, tidak ada yang kalah total,” ujarnya. 


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…