Rabu, 24 April 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Jokowi Buka Rakornas Pilkada Serentak 2015

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemantapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015 di Eco Park, Ancol, Jakarta Utara.

    Tim Komunikasi Presiden (TKP) Ari Dwipayana mengatakan, rakornas yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) bertujuan untuk menyinergikan tugas dan tanggung jawab para pemangku kepentingan bagi kesuksesan penyelenggaraan pesta demokrasi itu.

    “Kemdagri mengundang berbagai stakeholder seperti pemerintah daerah, KPU, Bawaslu, Panwaslu serta jajaran TNI, Polri, Kejaksaan Tinggi, dan Badan Intelijen Negara untuk memantapkan pelaksanaan Pilkada serentak 9 Desember mendatang,” kata Ari di Jakarta, Kamis (12/11).

    Sejumlah narasumber di antaranya Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso, Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad, dan Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarul Zaman.

    Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo menyatakan, Pilkada serentak pada 9 Desember siap digelar. Pemerintah telah mengalokasikan dana Rp 7,1 triliun yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk menyukseskan Pilkada serentak di 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 36 kota.

    Tjahjo menyebutkan, KPU, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), Kementerian Dalam Negeri, dan seluruh pihak yang terlibat dalam penanganan keamanan siap menggelar Pilkada serentak.

    Jokowi juga telah memerintahkan Kapolri, Panglima TNI, dan Kepala BIN melakukan deteksi dini terhadap kemungkinan adanya potensi gangguan keamanan menjelang Pilkada serentak.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Rakornas Dalam Rangka Pemantapan Pelaksanaan Pilpres Tahun 2014

    Pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana untuk mendapatkan legitimasi bagi sebuah pemerintahan.  Sehingga dengan demikian, pemerintahan yang dihasilkan dari pemilu diharapkan merupakan pemerintahan yang mendapat legitimasi yang kuat…