Rabu, 24 April 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri: PNS Harus Berjiwa Pahlawan

  • Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo menyatakan, pegawai negeri sipil harus berjiwa pahlawan dengan menempatkan diri sebagai abdi negara yang melayani masyarakat sebaik-baiknya, disiplin dan jujur.

    "Bisa melayani yang terbaik tanpa pamrih, dia melaksanakan tugas disiplin dengan baik, itu adalah nilai pahlawan," kata Tjahjo usai upacara peringatan Hari Pahlawan di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (10/11/2015), seperti dikutipAntara.

    Ia mengatakan, contoh bekerja dengan baik, yaitu bekerja sesuai aturan, tidak melakukan pungutan liar yang merugikan masyarakat, dan berani memberantas korupsi, kolusi, serta nepotisme.

    Menurut dia, membangun kepahlawanan itu dapat dimulai dari diri sendiri, bekerja sama dan mengingatkan orang lain atau sesama rekan bekerja untuk disiplin dalam bekerja.

    "Pahlawan adalah yang muncul dari diri kita, bukan dari penghargaan orang lain. Buat apa orang punya gelar, punya pangkat tanpa kita dimulai dengan baik," kata politisi PDI Perjuangan itu.

    Ia menjelaskan, nilai-nilai kepahlawanan tidak dapat muncul tanpa suatu proses, tetapi harus ada kesadaran, keyakinan, semangat, perbuatan, dan pengorbanan.

    "Setiap orang pasti punya nilai, setiap orang pasti ingin berbuat sesuatu. Itulah esensi daripada kepahlawanan," kata Mendagri.

    Upaya pemerintah mewujudkan PNS yang baik itu, kata Tjahjo, salah satunya dimulai dari institusi pendidikan di IPDN sebagai pembentukan revolusi mental.

    Ia berharap, IPDN dapat mendidik praja dengan baik, seperti tidak ada tindakan kekerasan, termasuk dalam proses penerimaannya tidak boleh ada unsur KKN.

    "Fokus IPDN ini semangat kebersamaan, solidaritas harus kita bangun, ada keyakinan, bahwa tugasnya adalah melayani masyarakat, berbuat yang terbaik buat masyarakat," katanya.


    sumber : kompas.com


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…