Senin, 18 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri Wacanakan Pemilu Nasional dan Pemilu Lokal

  • Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menargetkan digelarnya pemilu nasional dan pemilu lokal. Salah satu tujuannya yakni memperkuat sistem pemerintahan presidensiil.

    “Target saya bagaimana ada pemilu nasional serentak dan pemilu lokal serentak di daerah. Siklus tahunan anggaran dan pemerintahan akan berjalan baik,” kata Tjahjo saat memberikan pengarahan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Perencanaan Pembangunan Daerah 2015, di Jakarta, Rabu (28/10).

    Dia menjelaskan, pemilu nasional untuk memilih DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden. Sementara pemilu lokal, ajang pesta demokrasi menentukan DPRD provinsi, kabupaten/ kota serta kepala daerah dan wakil kepala daerah.

    “Dua (pemilu) ini penting karena semata-mata kita ingin konsisten terhadap sistem presidensiil,” jelasnya.

    Dia menambahkan, setiap lima tahunan tepatnya 20 Oktober, presiden dan wakil presiden terpilih dilantik. Paling lambat Desember tahun yang sama, lanjutnya, semestinya juga digelar pemilu lokal.

    “Mudah-mudahan parpol (partai politik) juga sama yaitu menggelar kongres, munas maupun muktamar. Karena parpol mempersiapkan anggota DPR, DPRD, calon presiden dan wakil presiden. Sehingga, pada Januari, mulai pemerintahan baru langsung bekerja melakukan revisi anggaran,” imbuhnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9