Selasa, 19 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Kemendagri: Pilkada Serentak Siap Dilaksanakan

  • Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa pemilihan kepada daerah (pilkada) serentak 2015 siap dilaksanakan, termasuk pemetaan daerah rawan konfliknya.

    “Sudah ada konsolidasi dalam rangka pelaksanaan pilkada, baik KPU, Bawaslu, DPR, partai politik, maupun Kemendagri,” kata Tjahjo di Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta, Sabtu.

    Ia menyebutkan saat ini sudah ada telaahan strategis dari pihak kepolisian dan Badan Intelijen Negara (BIN) terkait area-area yang kemungkinan terjadi konflik.

    Tjahjo menyebutkan kasus mantan Wali Kota Surabaya Risma Harini juga memberi peringatan dalam pelaksanaan pilkada. “Itu masalah perdata, urusan pasar kan haknya seorang wali kota, membagi lapak dan sebagainya,” katanya, seperti ditulis Antara.

    Ia menyebutkan kepolisian memang mendapat laporan dari pengusaha mengenai perkara itu dan kepolisian wajib mengurusi laporan itu.

    “Yang membikin gaduh ini memang harus diganti, ini contoh kecil yang bikin gaduh, surat dari kepolisian Mei, kok, dilempar sekarang,” katanya.

    Ia menilai ada muatan politis dalam kasus tersebut. “Pasti dong, itu BIN yang tahu,” katanya.

    Ketika ditanya bagaimana agar kasus Risma tidak terulang, Mendagri mengaku sulit untuk memastikan itu tidak terjadi lagi. “Sulit karena namanya gelagat, dinamika politik,” katanya.

    Namun, dia menyebutkan sudah ada konsolidasi antara kepolisian, Kejaksaan, BIN, KPK, dan BPK.”Walaupun KPK independen, dia harus punya cukup bukti, jangan kasus perdata kemudian jadi pidana,” katanya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…