Rabu, 20 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Jangan Lagi Ada Kekerasan Seperti Tolikara


  • Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian mengimbau kepada segenap lapisan masyarakat yang ada di Papua agar tidak bertindak intoleran atau melakukan kekerasan seperti yang terjadi di Tolikara pada pertengahan Juli lalu.

    "Kita mengimbau, supaya jangan terjadi lagi kasus seperti itu (Tolikara) di tanah Papua, dan juga kebetulan menjelang Idul Adha, kita berharap semuanya aman," kata Hinsa Siburian di sela pertemuan Forkompimda Papua di Mapolda Papua, Jayapura, Senin.

    Ia mengatakan pertemuan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Papua yang digelar di Mapolda Papua guna membahas perayaan Idul Adha pada pekan ini dan situasi kekinian di Papua pada umumnya.

    "Pak Gubernur kan pimpinan kita di daerah ini, jadi beliau perlu kerja sama dengan semua. Dalam pertemuan nanti kita akan mendengar laporan dari Bupati Tolikara melihat sejauh mana keadaan di sana," katanya.

    Mengenai kesiapan personil TNI yang ada di Tolikara untuk pengamanan perayaan Idul Adha, Siburian tidak menjelaskan secara pasti, hanya menyampaikan ada personil yang bertugas di sana membantu masyarakat untuk membangun kembali rumah kios dan musala.

    "Anggota kita ada disana, mengerjakan semua, ada rumah kios dan musala, itu kan semua kita. Saya baru dari situ (Tolikara) hari Jumat kemarin, mereka (warga muslim) sudah shalat di mushola yang bagus dibangun itu," katanya. 

    Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Provinsi Papua dihadiri antara lain Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw sebagai tuan rumah, Panglima XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian, Gubernur Papua Lukas Enembe, dan Sekda Hery Dosinaen.

    Wakapolda Papua Brigjen Rudolf A Rodja, Ketua MRP Tomutius Murib, Kejati Herman da Silva, Danalanud Kol PNB Prabowo Aji, Bupati Tolikara Usman Wanimbo, Bupati Mamberamo Tengah Ham Pagawak, Wakil Ketua I Eduadus Kaize.

    Hadir pula tokoh agama, MUI Papua Toni Wanggai, ketua FKUB Papua Lipiyus Biniluk, dan Presiden GIDI Dorman Wanimbo serta perwakilan Kepala Kantor Komnas HAM Papua Frits Ramandey.


    Files Download :

Related Posts