Senin, 25 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri Akan Pimpin Upacara di Daerah Perbatasan

  • Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo akan memimpin upacara Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di Desa Long Nawang, Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau, yang merupakan daerah perbatasan dengan Serawak, Malaysia.

    Mendagri bertolak ke Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu, untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan ke Tarakan, Kalimantan Utara.

    Selanjutnya, Senin pagi, Mendagri beserta rombongan menuju ke Desa Long Nawang untuk memimpin Upacara HUT RI ke-70 dan memperingati detik-detik proklamasi di daerah perbatasan tersebut.

    Mendagri juga akan menerima gelar kehormatan oleh Kepala Adat Besar Apau Kayan.

    Untuk mencapai Desa Long Nawang, diperlukan waktu tempuh selama kurang lebih dua jam dengan menggunakan pesawat kecil.

    Kecamatan Kayan Hulu merupakan daerah yang memiliki luas wilayah 1.594 kilometer persegi dan berbatasan dengan negara bagian Serawak, Malaysia.

    Di sebelah utara Kayan Hulu berbatasan dengan Kecamatan Kayan Hilir, sebelah selatan dengan Kecamatan Kayan Selatan, sebelah timur dengan Kecamatan Sungai Boh, serta di bagian barat berbatasan langsung dengan Serawak.

    Peringatan HUT Kemerdekaan RI di daerah perbatasan merupakan yang pertama kalinya dilakukan oleh Mendagri, sebagai upaya pembangunan daerah pinggiran.

    Hal itu sesuai dengan visi program pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla yakni membangun Indonesia mulai dari kawasan pinggiran.

    "Kalau memang ini menjadi keputusan yang disepakati (dengan Presiden), saya kira perlu dilakukan di seluruh pelosok perbatasan, termasuk juga diikuti oleh masyarakat, komponen PNS dan anggota TNI/Polri," jelas Mendagri.

    Perkembangan wilayah perbatasan perlu mendapat perhatian khusus mengingat daerah tersebut merupakan garda depan sebuah negara. Mendagri juga mengatakan pembangunan Indonesia harus dimulai dari wilayah perbatasan.

    "Target Presiden Joko Widodo kan minimal tiga tahun wilayah perbatasan kita harus lebih baik, karena Nawacita itu kan membangun dari pinggiran, saya kira pinggiran itu ya dari perbatasan itu," kata Tjahjo.

    Pembangunan dari perbatasan penting untuk menjaga persatuan bangsa karena dia menilai warga yang tinggal di perbatasan lebih mengenal informasi dari negara tetangga dibandingan dari negaranya sendiri, yakni Indonesia.

    "Setelah saya keliling ke semua perbatasan, apalagi di Kalimantan Utara perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, masyarakat di perbatasan sana lebih memahami dan mengikuti berita dari negara-negara tetangga. Oleh karena itu, rasa nasionalisme ini ingin terus kita kumandangkan di wilayah perbatasan," ujarnya. jauh pilkada merupakan upaya mewujudkan pemerintahan daerah yang berintegritas, efektif, dan menyejahterakan.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…