Jumat, 19 Oktober 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Masyarakat Minta Pejabat Profesional Ditambah di Kabinet

  • Hasil survei dari Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menyatakan, 80,8 persen masyarakat minta porsi pejabat profesional di Kabinet Kerja ditambah.

    "Selain menginginkan perombakan (reshuffle) kabinet, masyarakat ternyata menginginkan kaum profesional dan akademisi lebih banyak mengisi kursi menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi," kata pengamat komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendro Satrio di Jakarta, Minggu (28/6).

    Sebaliknya, masyarakat menginginkan pengurangan jatah untuk para politisi dan wakil parpol di kabinet. Keinginan masyarakat tersebut tercermin dari hasil survei KedaiKOPI pada 26 Mei - 3 juni 2015 terhadap 250 responden di Jakarta.

    Selain itu, masyarakat yang meminta presiden memberikan kursi menteri kepada Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) hanya sebesar 13,6 persen. Survei tatap muka ini menggunakan metode purposive sampling, dengan area survei di kawasan bisnis Thamrin, Sudirman dan Kuningan-Rasuna, Jakarta.

    Sebelumnya, pada pertengahan April 2015, melalui situs www.unegunegpolitik.com, kedaiKOPI juga melakukan polling online tentang tambahan kursi menteri bagi profesional, akademisi, dan partai politik bila presiden merombak kabinetnya.

    Hasilnya, dari 344 pengunjung situs yang mengikuti polling, sebanyak 58,14 persen memilih opsi ada tambahan menteri dari profesional atau akademisi.

    Survei yang juga dilakukan pada 24-30 April 2015 menyebutkan bahwa responden yang puas dengan kinerja partai politik (parpol) tertinggi, hanya 44,2 persen (Gerindra) dan terendah 28,9 persen (Hanura).

    Sementara itu, 52,4 persen responden menyatakan tidak dekat sama sekali dengan parpol dan hanya 1,1 persen yang merasa sangat dekat dengan parpol.

    "KedaiKOPI merupakan lembaga diskusi dan kajian yang menghimpun dan menyuarakan opini publik terhadap isu-isu yang berkembang di masyarakat. Hasil kajian ini diharapkan bisa menjadi masukan bagi semua stakeholder di masyarakat, dalam mengambil kebijakan-kebijakan yang terkait dengan kepentingan publik," kata Hendri yang juga merupakan juru bicara KedaiKOPI.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Perombakan Kabinet Kerja Jokowi Jadi Suatu Kebutuhan

    Pengamat dari Populi Center, Nico Harjanto, memprediksi Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan (reshuffle) kabinet. Menurutnya, reshuffle adalah suatu kebutuhan untuk menciptakan pemerintahan yang…