Selasa, 23 April 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

DP4 Mudahkan KPU Gelar Pilkada Serentak

  • Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) bakal memudahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2015. Sebab, seluruh data pemilih menjadi terang benderang.

    "Sekarang sumber datanya satu, ini (DP4) yang kami akan berikan kepada KPU provinsi dan KPU kabupaten/ kota. Tidak boleh gunakan sumber data lain supaya pertanggung jawabannya jelas. DP4 ini memudahkan kami menyelenggarakan pilkada," kata Ketua KPU, Husni Kamil Manik, dalam sambutannya usai menerima DP4 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemdagri, Jakarta, Rabu (3/6).

    "Kalau data bagus, hasilnya bagus. Kalau data tidak bagus, jadi tugas kami untuk memperbaikinya. Kami harap dalam pemuktahiran nanti, terus ada koordinasi, memastikan langkah-langkah bisa dijalankan di daerah," ujarnya.

    Dia menjelaskan secara teknis pemutakhiran yang dimaksud. "Misalnya, apabila pemilih ternyata sudah meninggal dunia, akan diberi catatan telah meninggal. Datanya akan dikeluarkan dari daftar pemilih (DP4). Bagi yang tidak terdaftar tapi penduduk setempat, akan dimasukkan dalam daftar," jelasnya.

    "Pemutakhiran akan sangat sederhana sekali jika datanya akurat. Tidak harus dari awal kumpulkan data. Petugas-petugas kami datang ke lapangan akan bicara soal data yang dibawa," pungkasnya.


    Files Download :

Related Posts