Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri Himpun Masukan Wacana Kenaikan Dana Parpol

  • Menteri Dalam Negeri (mendagri) Tjahjo Kumolo terus menghimpun seluruh masukan terkait wacana ditingkatkannya dana bantuan partai politik (parpol).

    Salah satunya, Tjahjo menerima kedatangan Peneliti dari Australian National University, Marcus Mietzner yang didampingi Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggaraini, di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (27/4).

    "Kami menyusun perencanaan terkait anggaran parpol, bantuan parpol. Menghimpun semua masukan," kata Tjahjo, usai pertemuan.

    Dia menambahkan, hingga saat ini belum terdapat kesimpulan atas wacana peningkatan dana parpol. "Belum ada kesimpulan," ujar Tjahjo.

    Sebelumnya, Marcus menyatakan, pihaknya memberikan dukungan secara prinsipil terkait kenaikan bantuan pemerintah terhadap parpol.

    "Pada prinsipnya, kami berpendapat bahwa Indonesia seharusnya lebih melihat pengalaman negara lain," katanya kepada wartawan.

    Dia menambahkan, masyarakat semestinya dapat melihat relevansi wacana yang diusulkan Tjahjo.

    "Tidak selalu dibandingkan uang (penambahhan) itu bisa bangun rumah sakit dan segala macam. Ini tidak pas. Karena parpol memang harus dibiayai secara sehat," katanya.

    "Kalau dibilang itu mengurangi kemampuan ekonomi Indonesia kurang tepat. Indonesia sebenarnya sudah bisa, karena bukan lagi negara miskin," Marcus menambahkan.

    Menurutnya, resistensi atas wacana kenaikan dana parpol juga sering terjadi di negara lain. "Indonesia bukan negara satu-satunya di mana resistensi tinggi. Di Jerman setiap ada kenaikan, ditolak, ribut lah. Retorika itu di setiap negara sama," katanya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Mendagri Ungkap Indonesia Negara Peraturan

    Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Indonesia sebagai negara peraturan lantaran banyaknya jumlah peraturan yang ada di tanah air. "Terkait efektivitas dan efisiensi yang menjadi arahan Presiden, ternyata negara kita negara…
  • sample9

    Mendagri Ingin Kembali Kedepankan Siskamling

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo ingin kembali mengedepankan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) untuk masalah penanganan konflik. Hal tersebut diungkapkan usai menutup Rapat Kordinasi Koordinasi Nasional…
  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    Mendagri: Stabilitas Nasional Tergantung Kerukunan Masyarakat

    <header 10;="" top:="" 0px;="" width:="" 360px;="" padding:="" margin:="" font-family:="" 'helvetica="" neue',="" arial,="" sans-serif;="" font-size:="" 16px;="" line-height:="" 17.6px;="" position:="" fixed="" !important;"=""><div class="fixed-top" 50px;="" background:="" rgb(210,="" 28,="" 30);"="">
  • sample9

    Kemendagri Fasilitasi Kepesertaan BPJS

    Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sepakat untuk mengoptimalkan pelaksanaan program jaminan…
  • sample9

    Ini Pesan Mendagri Terkait Pilkada Serentak

    Kecamatan masih dianggap sebagai tempat yang paling berpeluang besar melakukan kecurangan dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak di 296 wilayah provinsi, kabupaten/ kota, pada 9 Desember mendatang.…