Jumat, 19 Oktober 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Perombakan Kabinet Hanya Akan Munculkan Ketegangan Politik Baru

  • Jurnalis senior Budiarto Sambazy, mengatakan, waktu enam bulan tidak tepat untuk merombak kabinet. Kalau itu dilakukan yang terjadi justru kegaduhan yang tidak penting.

    "Saya tidak setuju reshuffle. Menurut saya waktu yang tepat adalah setahun. Jangan sebelum itu. Artinya, reshuffle itu hanya akan menimbulkan kegaduhan yang enggak penting," katanya kepada wartawan, di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (25/4).

    Kalau kabinet dilakukan pada saat pemerintahan baru berjalan enam bulan, menurut Budiarto hanya akan menjadi isu politik dan tekanan terhadap Presiden Joko Widodo akan berdatangan baik dari partai pendukung ataupun partai oposisi.

    "Itu justru akan menghambat jalannya pemerintahan. Terjadi kompromi macam-macam dan bahkan bisa menimbulkan ketegangan politik baru," imbuhnya

    Selain itu, Budiarto berpandangan menteri yang akan menggantikan tidak menjamin bahwa kinerjanya akan lebih baik dari menteri yang digantikan.

    "Karena enam bulan itu waktu yang masih sebentar. Saya kira enggak ada salahnya menteri-menteri diberi kesempatan lagi enam bulan ke depan untuk melakukan pekerjaan. Jadi jangan cepat-cepat lah reshuffle, enggak penting-penting banget," ujarnya.

    Belakangan, muncul beberapa hasil survei yang menunjukan turunnya tingkat kepuasan dan kepercayaan terhadap pemerintahan Jokowi-JK. Survei Poltracking Indonesia mendapati kepuasaan masyarakat terhadap kabinet kerja turun hingga 48 persen.

    Hal itu disebabkan beberapa kebijakan ekonomi pemerintah dinilai semakin merugikan masyarakat, seperti kenaikan BBM yang terjadi setiap bulan dan naiknya harga-harga kebutuhan pokok.

    DPR bahkan menyatakan menteri-menteri dalam kabinet Jokowi-JK perlu segera dirombak, khususnya tim yang mengurusi bidang ekonomi.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Perombakan Kabinet Kerja Jokowi Jadi Suatu Kebutuhan

    Pengamat dari Populi Center, Nico Harjanto, memprediksi Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan (reshuffle) kabinet. Menurutnya, reshuffle adalah suatu kebutuhan untuk menciptakan pemerintahan yang…