Sabtu, 18 Agustus 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ketua KY Usulkan Bentuk Pengadilan Khusus Pemilu

  • Ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki mengusulkan agar dibentuk suatu pengadilan ad hoc, yang khusus menangani kasus pelanggaran pemilu. Pengadilan khusus itu diharapkan dapat menyelesaikan kasus pelanggaran pemilu yang belum efektif.

    "Kalau mau ideal, ya dibentuk pengadilan ad hoc khusus pemilu. Ini akan membuat pengadilan pemilu menjadi semakin berkompeten," ujar Suparman, seusai menjadi pembicara dalam diskusi yang diadakan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (13/11/2014).

    Menurut Suparman, pengadilan itu juga seharusnya memiliki hakim-hakim khusus yang berkompeten dengan masalah pemilu. Bahkan hakim khusus pemilu tersebut sebaiknya tidak menangani masalah-masalah lain di luar kasus pelanggaran pemilu.

    Saat ini, penyelesaian masalah pemilu yang dilakukan di Mahkamah Agung (MA), memiliki banyak kendala. Salah satunya, sebut Suparman, panitera pengadilan di MA harus mengurusi masalah lain yang pembahasannya berbeda dengan masalah pemilu. Padahal, penanganan kasus pemilu membutuhkan pengetahuan dan paradigma yang berbeda dengan kasus lain.

    "Kami punya beban tidak ringan, KY harus pastikan pengadilan itufair, juga mengawasi agar kehormatan suatu pengadilan tidak dilanggar. Jadi saya paham keberatan MA, hakimnya juga sudah banyak yang pensiun," kata Suparman.

    Pembentukan pengadilan khusus pemilu, didasari oleh banyaknya laporan pelanggaran pemilu yang tidak mendapat akomodasi secara tepat. Laporan dari pemantau pemilu seringkali berhenti pada lembaga-lembaga terkait, seperti Komisi Pemilihan Umum, dan Badan Pengawas Pemilu.

    Lembaga penegak hukum seperti Polri dan Kejaksaan dinilai kurang memahami permasalahan pemilu, sehingga laporan pelanggaran hanya berhenti dalam proses tahapan.


    sumber : kompas.com


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pilpres Butuh Restu Rakyat

    Koalisi PDI Perjuangan (PDI-P), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Nasdem yang mengusung…
  • sample9

    Presiden Yang PRO dengan Rakyat

    Ketika kita melihat televisi, baliho, dan iklan dipinggir jalan, banyak yang berlomba menampakkan dirinya untuk mencalonkan sebagai seorang pemimpin Negara. Di Indonesia sendiri lebih mengenalnya dengan kata Presiden. Ya.. kata…
  • sample9

    Presiden yang Mampu Bekerjasama dengan Rakyatnya

    Apa jadinya ketika tidak ada seorang nahkoda di suatu kapal yang tengah dalam perjalanan dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain. Atau apa jadinya ketika tidak ada seorang pilot yang berada…
  • sample9

    Banyak Pasangan Capres, Giring Rakyat Gunakan Rasionalitas

    Pakar Hukum Tata Negara, Andi Irmanputra Sidin mengatakan, putusan Mahkamah Konstitusi No 108/PUU XI/2013 yang menolak permohonan Yusril Ihza Mahendra miliki alasan rasional karena sebelumnya perkara sejenis sudah beberapa kali…