Jumat, 25 Mei 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Pohon Trembesi Ki Hujan, Saksi Pengumuman Kabinet Kerja

  • Sejarah Indonesia mencatat, Joko Widodo atau Jokowi menjadi Presiden Indonesia pertama yang mengumumkan kabinetnye di bawah Pohon Trembesi Ki Hujan, di halaman belakang Istana Merdeka, Minggu (26/10).

    Pohon yang telah ada sejak tahun 1870 tersebut menjadi saksi sejarah terbentuknya Kabinet Kerja pemerintahan Jokowi-JK.

    Pakaian lengan panjang warna putih menjadi seragam para Menteri Kabinet Kerja 2014-2019.

    Baju lengan panjang putih yang harus diambil oleh 34 menteri pada pagi hari sebelum pengumuman tiba. Baju lengan panjang putih tersebut mengandung makna.

    "Itu permintaan Pak Jokowi, agar menteri bekerja sesuai dengan presidennya. Simboliknya, baju putih lengan digulung. Bahwa ini adalah kabinet kerja, pakaian yang dikenakan, menunjukkan simbolik," kata mantan Deputi Tim Transisi Andi Wijayanto, yang juga selalu mendampingi Presiden Jokowi.

    Pengumuman kabinet sempat molor lebih dari sejam. Dari semula diagendakan pukul 16.00 WIB, baru bisa berlangsung menjelang Maghrib sekitar pukul 17.30 WIB.

    Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla. Selain itu juga Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang mengenakan pakaian kebaya putih serta Ibu Mufidah Kalla yang memakai kebaya warna kuning gading.

    Istana Merdeka yang bercat putih dengan lambang Garuda berwarna emas menjadi latar. Sementara langit cerah biru dan sinar matahari dari barat membaur dalam suasana senja.

    Puluhan kamera TV dan seratusan wartawan berada di halaman Istana Merdeka yang diwarnai rumput hijau.

    Kabinet Kerja Presiden Jokowi mengumumkan 34 nama menteri kabinetnya. Ke-34 nama tersebut terpilih setelah melalui penelaahan dan kajian.

    Presiden yang dilantik pada Senin 20 Oktober 2014 tersebut membutuhkan waktu sekitar enam hari sebelum kabinet terbentuk.

    Komisi Pemberantasan Korupsi sertan Pusat Pelaporan dan Analisis Keuangan (PPATK) dilibatkan untuk mengetahui rekam jejak para menteri.

    Di antara 34 menteri tersebut terdapat delapan menteri berkelamin perempuan dan 13 orang dari kalangan politikus.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Perombakan Kabinet Kerja Jokowi Jadi Suatu Kebutuhan

    Pengamat dari Populi Center, Nico Harjanto, memprediksi Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan (reshuffle) kabinet. Menurutnya, reshuffle adalah suatu kebutuhan untuk menciptakan pemerintahan yang…