Minggu, 16 Desember 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ini Alasan Penundaan Pengumuman Kabinet Jokowi-JK

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengumumkan nama-nama menteri yang akan duduk di kabinetnya. Banyak alasan spekulatif yang muncul pasca KPK dan PPATK menyerahkan hasil penelusuran atas nama-nama colan menteri Jokowi-JK.

    Menurut Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat Patrice Rio Capella ada dua alasan mendasar mengapa Jokowi menunda pengumuman nama-nama menteri kabinetnya, yakni Jokowi harus mencari pengganti calon menteri yang diberi label kuning dan merah oleh KPK dan menunggu pertimbangan DPR terkait perubahan nomenklatur kabinet.

    “Pertama, Jokowi harus mengganti calon menteri yang dilabel kuning dan merah oleh KPK dan PPATK,” kata Rio dalam sebuah acara diskusi di Jakarta pada Kamis (23/10).

    Rio menilai proses pergantian calon menteri ini tentunya memakan waktu yang tak sedikit. Jokowi, menurutnya, harus mencari lagi penggantinya, menyerahkan ke KPK dan PPATK kemudian kedua lembaga memberikan hasil penelusurannya kepada Jokowi.

    “Jokowi mengikuti rekomendasi KPK dan penundaan ini tidak melanggar undang-undang karena presiden diberi kewenangan 14 hari sejak pelantikannya untuk mengumumkan nama-nama menterinya,” ujarnya.

    Alasan kedua, lanjut Rio adalah menunggu hasil pertimbangan dari DPR terkait perubahan. Menurutnya, Jokowi sudah mengirimkan surat ke DPR terkait perubahan nomenklatur kabinet dan DPR sudah menerimanya. Rencananya, mulai hari ini DPR akan mulai membahas perubahan nomenklatur tersebut.

    “Menunggu hasil pertimbangan DPR juga menjadi alasan penundaan pengumuman nama-nama menteri kabinet Jokowi. Karena presiden harus mendapatkan pertimbangan DPR jika ada perubahan nomenklatur kabinet,” tandasnya.

    Dalam UU No. 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara, perubahan nomenklatur perlu meminta pertimbangan DPR yang diberikan DPR paling lama tujuh hari kerja sejak surat presiden diterima oleh DPR. Apabila dalam waktu tujuh hari kerja, DPR belum menyampaikan pertimbangannya, DPR dianggap sudah memberikan pertimbangan.

    Rio juga menegaskan bahwa penundaan pengumuman menteri ini tidak terkait dengan tarik ulur kepentingan antara Jokowi dengan partai koalisi pendukungnya.


    Files Download :

Related Posts

  • No Related posts.