Rabu, 12 Desember 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Susunan Kabinet Jokowi-JK Sudah 99% Rampung

  • Mantan Juru Bicara Tim Transisi Andi Widjajanto mengatakan, susunan kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah 99 persen selesai. Presiden tinggal menunggu pertimbangan dari DPR. Batas pemberian pertimbangan tersebut adalah Rabu pekan depan.

    “Ini seleksi (menteri) 99 persen sudah selesai,” kata Andi di kompleks Kepresidenan, Jakarta, Kamis (23/10).

    Jumlah kementerian kata dia ada 34 pos dengan tambahan satu kementerian koordinator, yaitu Kementeriaan Koordinator Kemaritiman. Sementara dari jumlah tersebut 16 pos akan diisi menteri dari partai politik dan 18 pos bukan dari partai politik.

    “Tadi selesai 16.00 WIB relatif hampir semua posisi terisi,” demikian kata mantan dosen Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia (UI) tersebut.

    Andi menambahkan, tidak semua calon menteri memang uji kepatutan dan diwawancara tatap muka dengan presiden. Ada pos-pos tertentu yang akan dipercayakan Jokowi kepada figur yang sudah cukup dia kenal secara profesional. Oleh karena itu, kata Andi, hanya tinggal dihubungi melalui telepon. Posisi saat ini adalah menunggu hasil pertimbangan DPR meski hal tersebut tidak mengikat.

    “Ada beberapa posisi yang Presiden Jokowi sudah kenal baik sudah bekerja sekian lama. Jadi tidak perlu lagi dilakukan [wawancara tatap muka] dan Pak Jokowi hanya perlu menelepon menanyakan,” kata Andi.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Perombakan Kabinet Kerja Jokowi Jadi Suatu Kebutuhan

    Pengamat dari Populi Center, Nico Harjanto, memprediksi Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan (reshuffle) kabinet. Menurutnya, reshuffle adalah suatu kebutuhan untuk menciptakan pemerintahan yang…