Senin, 19 November 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Jadi Alat Kepentingan Pribadi, Parpol Harus Direformasi

  • Partai Politik (Parpol) di Indonesia dinilai harus direformasi, karena kalangan elitenya cenderung menggunakan parpol sebagai kendaraan untuk memenuhi ambisi politik pribadi mereka.

    Penilaian itu disampaikan Politisi Partai Golkar yang sedang bersengketa dengan DPP Partai Golkar, Nusron Wahid, di Jakarta, Minggu (28/9).

    Nusron mengatakan, dalam jangka pendek, permasalahan yang harus diselesaikan adalah keberadaan parpol sebagai episentrum permasalahan politik di Indonesia.

    "Episentrum masalah itu yakni hiruk pikuk politik. Itu masalahnya ada di parpol," kata Nusron di Jakarta, Minggu (28/9).

    "Untuk jangka pendek, harus ada reformasi parpol. Semua tarik menarik ini ujungnya parpol, lebih-lebih Golkar."

    Dia mencontohkan, polemik pengesahan UU Pilkada yang akhirnya mengatur pilkada melalui DPRD. Dalam prosesnya, kata Nusron, Golkar sangat dominan, terutama di Koalisi Merah Putih (KMP) yang mengusung ide pilkada DPRD.

    Menurut Nusron, masalah hiruk-pikuk politik yang dialami Indonesia saat ini diakibatkan parpol yang diarahkan elitenya untuk memenuhi kepentingan mereka sendiri.

    "Maka mereka harus direformasi. Karena Konstitusi kita sudah amanatkan bahwa segala sesuatunya lewat parpol, maka harus direformasi. Tanpa perbaikan itu, orang baik dan yang idealis ogah ikut parpol," jelas Nusron.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Penting, Keberadaan Politisi Muda dalam Parpol

    Keberadaan politisi muda dalam partai politik (parpol) dinilai penting. Pasalnya, parpol membutuhkan regenerasi kader agar eksistensi politik tetap terjaga. "Tentu keberadaan politisi muda dalam suatu partai politik itu sangat penting.…
  • sample9

    Bawaslu harus cek dana kampanye parpol

    Partai politik (parpol) sudah menyerahkan laporan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta untuk menelusuri kebenaran dana kampanye tersebut."Harus ada upaya dari Bawaslu untuk mengecek…
  • sample9

    Ini batasan sumbangan dana kampanye parpol

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat batasan kepada calon penyumbang partai politik (parpol) untuk pembiayaan pada Pemilu 2014 mendatang. KPU membatasi bagi penyumbang parpol dengan batasan minimal Rp1 miliar untuk…
  • sample9

    Parpol berbenah

    MENDEKATI akhir tahun 2013, tensi politik Indonesia kian meningkat. Suasana pun jadi riuh rendah. Menyongsong masuknya tahun 2014 yang disebut-sebut sebagai tahun politik, persaingan kian kentara.Segala hal bisa menjadi sumber…
  • sample9

    Politik dinasti terbentuk karena kesalahan parpol

    Maraknya politik dinasti di beberapa daerah, menjadi tanggung jawab partai politik (parpol). Pasalnya, politik dinasti tidak akan menjadi persoalan jika dalam proses rekruitmen dilakukan transparan dan akuntabel dengan menimbang kemampuan…
  • sample9

    Program Parpol Harus Pro Masyarakat

    Dengan sistem proporsional terbuka, partai politik peserta pemilu harus memiliki program yang berpihak kepada masyarakat. Sebab, saat ini masyarakat lebih pragmatis terhadap dunia perpolitikan.