Selasa, 26 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

DPR Batal Bentuk Pansus Pemilu 2014

  • Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akhirnya batal mengesahkan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) yang bertugas menyelidiki dugaan ketidakteraturan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, yang sempat digaungkan oleh fraksi-fraksi dalam Koalisi Merah Putih (KMP).

    Dalam rapat paripurna yang dilaksanakan di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (26/9), Ketua Komisi II DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa menyatakan, waktu kerja Pansus akan sangat mepet bila dipaksakan untuk dibentuk.

    "Maka kami sepakat untuk tak sampai pengambilan keputusan. Namun substansinya tetap kami serahkan. Biarlah evaluasi penyelenggara Pemilu 2014 menjadi bagian dari catatan-catatan yang diserahkan," kata Agun.

    Evaluasi itu terutama menyangkut data pemilih, proses penghitungan suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan tentang teknologi informasi yang digunakan KPU.

    "Itu yang diharapkan menjadi perhatian. Walaupun mungkin kami sepakat bentuk Pansus, cuma masalah waktu dan sebagainya, itu tak mungkin," katanya.

    Agun melanjutkan, evaluasi itu diharapkan bisa menjadi rekomendasi bagi anggota DPR RI yang akan datang. "Ini juga agar pelaksanaan Pemilu mendatang yang akan dilaksanakan serentak Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), menjadi lebih baik. Agar pemerintahan pak Jokowi (Joko Widodo) mendatang bisa mengerjakan dengan kualitas lebih baik," katanya.

    Wakil Ketua DPR RI yang memimpin sidang Priyo Budi Santoso lalu mengetuk palu sebagai tanda mengesahkan keputusan itu.


    Files Download :

Related Posts