Senin, 25 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

SBY Ingin Sistem "Reward-Punishment" yang Jelas bagi Kepala Daerah

  • Dalam sidang kabinet terbatas yang membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemerintahan Daerah (Pemda), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyoroti pentingnya sistem penghargaan dan sanksi(reward and punishment) bagi kepala daerah.

    Pasalnya, selama ini tak sedikit kepala daerah yang dianggap berkinerja buruk dan kurang disiplin, namun tidak mendapat pengawasan dan sanksi.

    “Kita sering mendengar di media masa sejumlah kepala daerah memiliki kinerja yang buruk, memiliki disiplin dan perilaku tidak baik. Nah, belum ada aturan yang tegas dan jelas untuk mengatasi permasalahan itu,” kata SBY dalam pembukaan sidang kabinet terbatas di kantor presiden, Jakarta, Rabu (17/9).

    Ditambahkannya, pengawasan di daerah memang selama ini selayaknya dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

    Hanya, menurut SBY, hal itu tidak lagi cukup. Menurut SBY, daerah-daerah seharusnya memiliki peluang maju namun terhambat dengan kepala daerah yang tak memiliki kapabilitas, abai tanggung jawab dan justru menghambat ekonomi dan investasi di daerahnya.

    Namun dengan kondisi demikian, tak ada yang bisa memberikan sanksi sebab kepala daerah baru bisa diberhentikan jika tersangkut kasus hukum.

    “Apa harus menunggu menjadi terdakwa kalau saya harus memberhentikannya? Padahal kinerjanya buruk, pembangunan tidak ada,” lanjut presiden.

    SBY menambahkan, saat ini terlihat banyak tatanan pemerintahan daerah yang tidak sejalan sebagaimana sistem negara kesatuan seharusnya. Poin-poin itulah yang menurut SBY layak diatur dalam RUU Pemda tersebut.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    SBY Siap Sambut Presiden Terpilih

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) siap menyambut presiden baru, yang terpilih pada pemilihan presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang. Siapapun yang menang, baik Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabowo Subianto, SBY akan…
  • sample9

    Presiden SBY: Pemilu Tidak Perlu Gaduh

    Makassar - Ajang Pemilihan umum (Pemilu) sudah di depan mata. Dimulai dari pemilihan legislatif (Pileg), 9 April. Kemudian dilanjutkan pemilihan…
  • sample9

    Presiden SBY Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2013) pagi. Upacara dihadiri Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono, Wakil Presiden…