Kamis, 25 April 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Soal RUU Pilkada, SBY Ingatkan Semangat Reformasi

  • Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyadari perihal Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada mulai membelah kekuatan politik menjadi dua antara yang mendukung pilkada langsung maupun yang tidak langsung. Dinamika ini kata presiden layak dipahami dengan berkembanganya situasi politik. Namun SBY mengingatkan agar semangat reformasi tidak terlupakan.

    "Oleh karena itu ketika bangsa ini, kita semua menetapkan sistem apa yang paling tepat tentu kita kembali apa semangat reformasi," kata SBY di kantor presiden, Jakarta, Minggu (14/9).

    Namun adanya wacana baru dalam perubahan sistem kata dia tidak bisa dilepaskan dari ekses penyimpangan yang timbul dengan adanya sistem Pemilu tersebut. Oleh karena itu yang perlu dicari adalah solusi yang reformis namun juga makin minim penyimpangan.

    Hingga saat ini masalah RUU Pilkada mengenai pemilihan kepala daerah langsung maupun melalui wakil rakyat masih menjadi prokontra. Di parlemen sejumlah fraksi yang awalnya tidak mendukung pemilihan melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) belakangan bersikap sebaliknya.

    Sementara itu, sejumlah kalangan juga menilai wacana pemilihan tidak langsung yang diinisiatifkan oleh pemerintah melalui revisi undang-undang itu adalah kemunduran demokrasi.

    "Itulah yang kita letakkan dalam satu zona untuk mendapatkan kira-kira apa opsi atau solusinya yang akan kita tuangkan dalam sistem dan undang-undang yang berlaku ke depan," kata dia.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    SBY Siap Sambut Presiden Terpilih

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) siap menyambut presiden baru, yang terpilih pada pemilihan presiden (Pilpres), 9 Juli mendatang. Siapapun yang menang, baik Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabowo Subianto, SBY akan…
  • sample9

    Presiden SBY: Pemilu Tidak Perlu Gaduh

    Makassar - Ajang Pemilihan umum (Pemilu) sudah di depan mata. Dimulai dari pemilihan legislatif (Pileg), 9 April. Kemudian dilanjutkan pemilihan…
  • sample9

    Presiden SBY Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2013) pagi. Upacara dihadiri Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono, Wakil Presiden…