Rabu, 20 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Surat Suara untuk Pilpres Selesai Diproduksi

  • Ketua KPU Husni Kamil Manik mengatakan, surat suara yang jumlahnya 190 juta ditambah cadangan 2 persen untuk Pilpres 2014 telah rampung. Namun, proses distribusinya belum selesai secara keseluruhan.

    "Hari ini batas semua surat suara selesai diproduksi. Kita tinggal konsentraasi bagaimana agar distribusi yang dilakukan semua percetakan bisa sampai tepat waktu," kata Husni, di Jakarta, Jumat (20/6).

    Diketahui, tenggat waktu distribusi surat suara adalah 28 Juni 2014. Husni yakin, distribusi surat suara bakal berjalan sesuai target.

    "Semua jadwal masih bisa dijalankan, dan kita berharap bahwa target tangal 28 Juni nanti semua telah terdistribusi dan tercapai. Bahkan dari hasil monitoring yang ada, sejumlah percetakan bisa menyelesaikan kegiatan ini lebih awal satu atau dua hari," jelasnya.

    Mengenai potensi kendala yang dialami di lapangan nantinya, Husni mengaku belum mengetahui secara pasti. Kecuali distribusi surat suara ke luar negeri. Alasannya, tidak sedikit negara yang ketat terhadap penerimaan barang dari luar negeri.

    "Kemudian untuk negara-negara yang proses penyaringan terhadap penerimaan barangnya agak ketat juga jadi kendala tersendiri sampainya kiriman di tujuan," katanya.

    Husni mengatakan, pihaknya menitikberatkan pada bimbingan teknis (bimtek) untuk penyelenggara pemilu di daerah. Hal ini dianggap penting untuk menekan potensi kecurangan pemilu seperti, surat suara rusak bahkan, sudah tercoblos terlebih dulu sebelum hari H.

    "Semua prosesnya harus benar-benar steril dari gangguan. Jadi kami lebih menekankan pada cara kerja internal KPU," kata Husni.


    Files Download :

Related Posts