Jumat, 22 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

90% Surat Suara Pilpres Sudah Tercetak

  • Anggota Komisioner KPU Ida Budhiati mengungkapkan proses cetak surat suara Pemilu Presiden di PT Pura Barutama Kudus, Jawa Tengah, hingga kini sudah mencapai sekitar 90%.

    "Logistik Pemilu yang dicetak oleh PT Pura Kudus tidak hanya surat suara, melainkan ada daftar pemilih calon presiden dan wakil presiden serta segel," ujarnya, ditemui usai mengunjungi PT Pura Barutama Kudus, di Kudus, Sabtu (14/6).

    Surat suara Pilpres yang dicetak PT Pura, kata dia, hanya untuk Provinsi Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam.

    Proses cetak ketiga logistik pemilu tersebut, kata dia, tidak dilakukan terpisah, melainkan bersamaan, termasuk proses pendistribusiannya juga demikian.

    Sementara pendistribusiannya, kata dia, dijadwalkan 15 Juni 2014 dan 20 Juni 2014 merupakan pengiriman terakhir dari PT Pura.

    "Diharapkan 22 Juni 2014 sudah bisa sampai ke alamat tujuan masing-masing," ujarnya.

    Distribusinya, lanjut dia, diprioritaskan untuk wilayah kepulauan, seperti Nias (Sumatera Utara) dan Sabang (Aceh).

    Ia memperkirakan, cuaca saat ini cukup mendukung dalam proses pendistribusiannya, karena cuaca saat ini merupakan musim kemarau meski pun masih ada hujan dengan intensitas rendah.

    Terkait hasil cetak surat suaranya, kata dia, sejauh ini ketajaman warna hasil cetakannya sudah bisa mengenali wajah pasangan calon tanpa ada perbedaan separasi.

    Sementara pengamanan selama proses distribusi, kata dia, sejauh ini KPU sudah membangun kerja sama dengan TNI dan Polri.

    "Dukungannya juga penuh seperti halnya saat pengamanan selama Pemilu Anggota Legislatif," ujarnya.

    Demikian halnya, kata dia, pengamanan selama proses cetak logistik pemilu juga sudah dilakukan.

    Bagi daerah yang secara geografis sulit atau faktor alam yang kurang mendukung, KPU setempat diminta berkoordinasi dengan TNI atau Polri dalam pendistribusian surat suaranya.

    General Affair Unit Total Security System, Mulyani mengungkapkan, proses cetak surat suara maupun logistik pemilu lainnya memang hampir selesai, karena Minggu (15/6) dijadwalkan proses pengiriman awal lewat jalur darat.

    Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, PT Pura Kudus mencetak 13,5 juta surat suara Pilpres 2014 untuk Provinsi NAD sebanyak 3,38 juta lembar dan Sumatera Utara sebanyak 9,93 juta lembar.

    Selain itu, ditambah surat suara ulang untuk Provinsi NAD sebanyak 23.000 lembar dan Sumatera Utara sebanyak 33.000 lembar.

    Daftar pemilih capres dan cawapres yang dicetak, yakni untuk NAD sebanyak 10.899 lembar dan Sumut sebanyak 30.281 lembar.

    Proses pengirimannya akan dilakukan lewat jalur udara dan darat mulai 14 Juni hingga 24 Juni 2014.


    Files Download :

Related Posts