Jumat, 19 Januari 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

KPU Adakan Pleno Terbuka Penetapan DPT Pilpres

  • Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hadar Nafis Gumay mengatakan KPU hari ini mengagendakan jadwal rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kantor KPU, Jakarta Pusat. Pada dasarnya DPT telah ditetapkan di masing-masing KPU Kabupaten/Kota pada tanggal 7 hingga 9 Juni kemarin.

    "Ya siang ini KPU akan menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT Pemilu Presiden & Wakil Presiden 2014 pukul 14.00 WIB di Ruang Sidang Lantai 2 KPU," ujarnya di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat, (13/6).

    Pleno terbuka lebih pada penetapan DPT dari KPU Kabupaten/Kota yang telah berlangsung sebelumnya. Hadar juga mengingatkan bahwa setelah DPT Pemilu Presiden (Pilpres) nanti ditetapkan, pemilih yang tidak berdomisili di tempat asal bisa kemudian mengurus A5 atau surat pindah memilih agar bisa menggunakan hak pilihnya di tempat tujuan atau tempat dia tinggal.

    "Setelah ditetapkan baru bisa bikin A5. Daftar Pemilih Khusus (DPK) nanti juga sudah bisa mulai digalang. Kami akan selalu ingatkan daerah untuk bekerja seakurat mungkin. Kami juga meminta pemilih untuk mengecek terus apakah namanya sudah terdaftar atau belum," kata Hadar.

    Data sementara yang terhimpun pada Kamis (12/6) malam, setidaknya ada 187.924.095 pemilih yang sudah masuk dalam DPT, tersebar di 478.528 TPS. Ini termasuk pemilih yang berusia genap 17 tahun pada hari pelaksanaan pilpres.

    Hadar mengatakan angka itu belum termasuk dengan DPT yang berada di luar negeri. Namun dia memperkirakan jumlah pemilih di luar negeri mencapai sekitar 2 juta pemilih.


    Files Download :

Related Posts