Senin, 17 Desember 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ormas penting dalam sistem pertahanan negara

  • Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengatakan posisi organisasi masyarakat (ormas) sangat penting dalam sistem pertahanan negara karena sebelum diinvasi harus membangun kesadaran bersama dalam bidang bela negara. 

    "Di dalam Rapimnas tadi membahas soal peran ormas dalam ketahanan negara. Saya katakan bahwa peran ormas sangat penting dalam sistem pertahanan negara," ujar Jenderal Moeldoko usai menghadiri Rapimnas Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Balai Kartini, Jakarta, Selasa.

    Menurut dia, sebelum diinvasi harus membangun kesadaran bersama dalam bidang bela negara. 

    "Peran organisasi masyarakat dalam sistem pertahanan negara itu sistem pertahanan rakyat semesta maknanya adalah negara ini terancam seluruh sumber daya nasional di mobilisasi untuk kepentingan bangsa," kata dia.

    Terkait pemberantasan teroris, Ia mengutarakan ormas harus memberikan pembicaraan positif bagi masyarakat untuk membangun kemandirian bangsa dan memberikan ajaran-ajaran positif bagaimana membangun akhlakul karimah serta ilmu yang berguna untuk membangun bangsa.

    "Melalui dakwah itu bisa membantu negara dengan memberikan kesadaran kepada masyarakat terkait kesadaran bela negara," ujar dia.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Tak Hanya Gafatar, Mendagri Minta Semua Ormas Ditelaah Kembali

    Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan radiogram ke seluruh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) daerah se-Indonesia. Radiogram terkait keberadaan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) serta organisasi lain. "Sudah bikin radiogram ke…
  • sample9

    UU Ormas Baru Mulai Disebarluaskan

    ORGANISASI massa ternyata sangat menarik untuk dibicarakan. Dan hari ini (30/11/2013) Direktorat Jendral Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)…
  • sample9

    Hari Ini Sosialisasi UU Ormas di Aceh

    JAKARTA - Hari ini, tim dari Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kemendagri, mengadakan sosialisasi Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, di Aceh.
  • sample9

    Kegiatan Ormas Bisa Dihentikan

    Sanksi peringatan tertulis kepada ormas diberikan secara bertahap. Mulai dari peringatan pertama, kedua, hingga ketiga.
  • sample9

    Bantuan ke Ormas Bisa Dihentikan

    Pemerintah bisa menjatuhkan sanksi kepada Ormas berupa penghentian bantuan. Hanya saja, sanksi ini baru bisa dikeluarkan jika Ormas yang bersangkutan sudah mendapatkan peringatan ketiga.