Selasa, 19 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Masyarakat Diharapkan Pantau Daftar Pemilih Sementara Pilpres

  • Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hadar Nafis Gumay mengatakan, KPU tengah mengumumkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) untuk pemilu presiden (pilpres) di tingkat kelurahan/desa atau Panitia Pemungutan Suara (PPS) mulai hari ini (12/4). KPU berharap, masyarakat juga ikut memantau DPSHP tersebut.

    "Kami menetapkan daftar pemilih sementara hasil perbaikan hari ini. Kemudian masyarakat diharapkan memberikan masukan," ujarnya di Kantor KPU, Jakarta, Senin (12/4).

    Hadar menjelaskan, DPSHP tersebut nantinya akan direkap berjenjang, setelah dari kelurahan/desa lalu ke tingkat kabupaten/kota, provinsi sampai ke KPU pusat.

    Hadar juga menjelaskan pihaknya akan mengumumkan DPSHP seluruh Indonesia itu secara nasional dan kembali menunggu respon dan koreksi dari publik. Setelah mendapat masukan dari seluruh elemen masyarakat mereka baru menetapkan dan mengumumkan daftar pemilih untuk pilpres 2014.

    Terkait apakah ada perubahan signifikan antara DPS Pilpres yang sudah diumumkan itu dengan pileg yang lalu, Hadar mengaku belum mengetahui karena masih ditetapkan di tingkat desa/keluruhan.

    Namun demikian, Hadar menerangkan, bahwa DPS Pilpres otomatis berasal dari DPT Pileg. Kemudian ditambah dengan data pemilih pemula dari pemerintah sebanyak 3,1 juta sera ldaftar pemilih khusus atau tambahan pada pileg.


    Files Download :

Related Posts