Minggu, 18 November 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Pemilu Presiden 2014 : Menuju Kebangkitan Indonesia Raya

  • Sejarah dan Spirit Indonesia sebagai Negara Besar

    Indonesia memiliki sejarah dan spirit yang telah dan bisa menjadikan bangsa dan negara ini menjadi bangsa besar, beberapa diantaranya yaitu :

    • Berideologi Pancasila yang sejak sebelum Indonesia merdeka sampai saat ini tetap menyatukan seluruh bangsa, tanah air dan spirit Indonesia dalam satu kesatuan yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    • Ideologi Pancasila menempatakan sila pertama adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, bisa diartikan bahwa bangsa dan negara ini mulai terbentuk dan akan bertumbuh saat ini dan di amsa depan atas proses hubungan manusia pembentuknay dalam hal ini rakyat Indonesia yang sesuai jati diri bangsa dan mengandalkan akan penyelenggaraan aktif dan persatuan dengan Tuhan Maha Esa. Tidak ada pengkotakan baik dalam hal suku, agama, ras dan golongan manapun juga.
    • Spirit Indonesia selain pada dasar negara sebagai Ideologi bersama Pancasila, berwadah dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, mempunyai motto Bhinneka Tunggal Ika (Unity in Diversity), dand alam kehidupan berbangsa bersumber pada Undang-undang Dasar 1945 sebagai acuan berbangsa dan bernegara,
    •  Pribadi sebagai pembentuk rakyat dan dalam dinamika Ideologi, Politik, Sosial, dan Budaya serta pertahanan dan keamanan Nasional (IPOLEKSUSBUD HANKAM) perlu di jadikan satua kesatuan gerak langkah yang tidak terpisah-pisah. Misalnya hanya berpangku pada kemajuan ekonomi tanpa memadukan aspek lainya. Jadi seluruh aspek IPOLEKSUSBUD HANKAM perlu dipadukan untuk berjuang menjadi jati diri Indonesia menuju tujuan bersama seperti termuat di Pembukaan UUD 1945 yaitu “… melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial….
    • Sejarah panjang dari bangsa di bumi pertiwi nusantara ini dan menjadi Indonesia yang merdeka memiliki tonggak sejarah panjang yang patut dipertimbangkan sejarah menjadi cermin untuk kehidupan Indonesia saat ini dan di masa depan yang lebih baik.

    Tonggak-tongak penting Pra dan Menjadi Indonesia

    Ada banyak tonggak penting telah dialami bangsa Indonesia di kepulauan yang disatukan dalam Nusantara ini, bahkan sejak dahulu kala hingga saat ini, beberapa yang ada dalam benak penulis diantaranya :

    • Bertumbuh dengan dinamis sejarah yang menjadikan Indonesia punya landasan kuat untuk bertumbuh lebih beradab, bermartabat dan menjadi suatu negara sejati berkiprah untuk kebahagiaan dan kesejahteraan seluruh rakyat dan berperan proaktif dalam menjaga konstalasi kehidupan di dunia ini. Sejak kejayaan kerajaan dahulu seperti tarumanegara, Sriwijaya, Majapahit, mataram dan kerajaan ayng tak terhitung banyaknya di seluruh pelosok
    • Pemuda di bumi pertiwi ini berjuang sejak adanya kerajaan dengan perjuangan yang tak kenal menyerah dari Pangeran Diponegoro, Teuku Umar, Sultan Hasanudin, dan amsih banyak pahlawan lainnya yang sudah diketahui atau tak diketahui yang berjuang untuk menjadikan bangsa di bumi Nusantara menjadi tuan di tanah sendiri.
    • Pemuda abad 20 mulai berkiprah berjuang untuk merdeka sejak ada tonggak Budi utomo 1908, Sumpah Pemuda 1928, dan tonggak sebelum merdeka dengan banyak tokoh mudanya seperti Soekarno, Muhammad Hatta, Muhamad Yamin dan masih banyak tokoh muda lainnya.
    • Pemuda Indonesia akhirnya menetapkan 17 Agustus 1945 sebagai tonggak kemerdakaan menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan dasar negara Pancasila, bermotto “Bhinneka Tunggal Ika” serta mendasari UUD 1945 sebagai dasar hukum kehidupan bernagsa dan bernegara.
    • Tahun 1966 pergantian kepemimpinan dari Soekarno ke Orde Baru dengan kepemimpinan Soeharto, menjadikan Indonesia berporses dalam menggali jati diri.
    • Tahun 1998 Orde Baru berganti dengan Orde Reformasi dengan harapan akan kehidupan lebih baik dan lebih maju.
    • Tahun 1999 Gusdur kemudian Megawati memimpin negeri ini dilanjutkan SBY di tahun 2004 dan 2009.
    • Tonggak baru adalah kepemimpinan baru yang akan melahirkan pemimpin baru dari Pemilu Presiden 2014 ini.

    Capaian Indonesia Saat Ini

    Indonesia sudah mempunyai prestasi dan capaian serta mengalami jatuh bangun dalam membina, belajar, menjalani dan berinteraksi antara rakyat dan pemerintah serta dengan pihak bangsa dan negara lain di dunia, beberpa diantaranya yaitu :

    • Pancasila saat ini sebagai ideologi negara masih memayungi kesatuan negara Republik Indoensia dari Sabang ke Merauke, 13 ribu pulau, berpenduduk 4 besar dunia, multi etnis, multi agama dan aliran kepercayaan, multi sukuyang dengan gerak langkah ke depan dapat menajdi Indonesia lebih baik.
    • Secara ekonomi Indonesia sudah mencapai parameter ekonomi yang cukup stabil dan berkesinambungan dengan pertumbuhan sekitar 6%, 16 besar kekuatan ekonomi dunia dan diperkirakan bisa menjadi 7 besar kekuatan ekonomi dunia di 2035 dan 4 besar di 2050.
    • Indonesia cukup berperan dalam kancah Asia Tenggara, Asia dan dunia termasuk dalam berposisi bebas dan berperan aktif dalam kehidupan bersama antara negara di dunia.
    • Bonus demografi yang jarang dimiliki negara di dunia dengan kekuatan 4 besar dunia ini memberikan peluang yang sungguh baik buat bansga dan negara menjadi hidup lebih sejahtera dan berperan lebih aktif dalam tataran konstelasi kehudpan berbangsa dan bernegara di dunia in. Bahkan Indoensia akan menjadi salah satu pusat ideologi, tata politik beradab, peradaban, perekenomoian, inetraksi sosial mikro dan makro, kebudayaan dan kekuatan pertahanan dan ekamanan dunia.

    Pemilu 2014 Tonggak Penting menujuKebangkitan Indonesia Raya

    Sungguh perlu kita berbangga dan punya keyakinan kuat bangsa Indonesia saat ini telah mencapai seperti saat ini, dan berharap Idnonesia menjadi lebih baik menuju cita-cita menjadi Indonesia atau sering disebut menuju kebangkitan Indonesia Raya.

    Ada 3 poin penting dalam menuju Kebangkitan Indonesia Raya ini menurut penulis yaitu :

    • Tiap pribadi di bumi pertiwi nusantara ini membentuk dirinya yang utuh, menjadi manusia sejati sesuai jati diri bangsa Indonesia yang tetap mengandalakan akan usaha, kerja dan pembentukan diri bersandarkan apda kehendak Tuhan Yang Maha Esa seperti tercermin dalam sial pertama Pancasila.
    • Interaksi dari ruang sosial tingkat bawah rukun tetangga, rukun warga, desa/keluarahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan secara nasional dalam keterpaduan IPOLEKSUSBUD HANKAM yang mengedepankan tataran kehiduapn menjadi manusia Indonesia yang sejati dengan segala landasan yang sejarah telah membuktikan bangsa Indonesia merupakan peradaban yang selalu dinamis membentuk diri dalam ruang pribadi dan ruang bersama dalam kehidupan bermasayrakat, berbangsa dan bernegara yang beradab dan bermartabat.
    • Kepimimpinan sebagai salah satu faktor penting perlu melalui mekanisme yang pas dan terlegitimasi dengan baik agar pemimpin yang dipilih adalah yang memiliki kapasitas mumpuni seperti :
      • Mengolah dirinya untuk menjadi manusia sejati sesuai jati diri bangsa Indonesia, dan menentukan araha berdasarkan suara hati dan kehendak Tuhan Yang Maha Esa.
      • Punya karakter yang kuat sebagai satria dan bijaksanadengan kriteria seperti : cerdas , adil, merakyat, berani, tegas, yakin bisa memawa Indonesia menuju kehidupan lebih baik ayng beradab dan bermartabat
      • Punya jiwa kepemimpinan yang mumpuni, tidak hanya bisa memimpin dirinya sendiri namund alam kurun waktu kepemimpinannya bisa menduplikasikan diri untuk menjadi pemimpin sejati yang bisa menghasilan pemimpin-pemimpin sejati di masa depan.

    Dengan demikian pemilu 2014 ini adalah tonggak penting dalam memilih pemimpin yang punya kapasitas mumpuni berkarakter kuat yang kesatria dan bijaksana membawa bangsa dan negara Indonesia menuju Kebangkitan Indonesia Raya yang akan melahirkan pemimpin-pemimpin berikutnya yang diakui baik di Indonesia dan kancah konstelasi kehidupan global.

    Mari kita berperan sesuai porsi kita masing-masing termasuk dalam proses Pilpres 9 Juli 2014 agar makin menuju Kebangkitan Indonesia Raya, … bangunlah jiwanya .. bangunlah badannya… Indonesia.

    Merdeka.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Debat tidak Pengaruhi Pilihan Pemilih Jelang Pilpres

    Debat tidak mempengaruhi pilihan politik masyarakat jelang Pilpres 9 Juli 2014.  Ini ditunjukkan oleh hasil poling dari Indikator Politik Indonesia sebelum dan sesudah debat.Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi,…
  • sample9

    Rakornas Dalam Rangka Pemantapan Pelaksanaan Pilpres Tahun 2014

    Pemilu merupakan salah satu pilar demokrasi sebagai wahana untuk mendapatkan legitimasi bagi sebuah pemerintahan.  Sehingga dengan demikian, pemerintahan yang dihasilkan dari pemilu diharapkan merupakan pemerintahan yang mendapat legitimasi yang kuat…
  • sample9

    13 Instruksi Presiden Soal Pelaksanaan Pilpres 2014

    Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membuka Rakornas Pemantapan Pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 di Sentul International Convention Center (SICC), Sentul, Jawa Barat.     "Pada kesempatan ini…
  • sample9

    Pilpres Butuh Restu Rakyat

    Koalisi PDI Perjuangan (PDI-P), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Nasdem yang mengusung…
  • sample9

    Profesionalisme Media Pada Pilpres 2014

    Terkait dengan momentum Pemilihan Presiden 2014, media khususnya media sosial memiliki peran yang cukup signifikan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang sosok pemimpin Indonesia di masa mendatang. Pemimpin yang akan…
  • sample9

    Menciptakan Pilpres yang Demokratis dan Bermartabat

    Menjelang Pilpres 2014 berbagai trik dan intrik dilakukan calon presiden (Capres) melalui partai politiknya. Tidak ada kata menyerah, berbagai hal dilakukan dalam merebut parpol untuk berkoalisi agar memenuhi standar pencapresan.Capres…
  • sample9

    Survei Polling Center: 93,2% Beri Suara Saat Pilpres

    Kesadaran publik untuk mengikuti Pemilihan Umum 2014 kini semakin besar. Hal tersebut terlihat dari hasil survei Polling Center. Hasil survei itu menyebutkan, mayoritas masyarakat di Indonesia akan memberikan suaranya pada…
  • sample9

    RUU Pilpres Dihentikan Karena PT

    Anggota Baleg Fraksi PDI Perjuangan, Arif Wibowo menjelaskan, pembahasan revisi UU Pilpres menjadi kontraproduktif karena fraksi bersikukuh pada persoalan mempertahankan atau menurunkan angka presidential thereshold. "Yang tidak produktif itu thereshold.…
  • sample9

    Baleg resmi hentikan pembahasan revisi UU Pilpres

    Badan Legislasi (Baleg) DPR RI menyepakati untuk menghentikan pembahasan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden (Pilpres).Dengan demikian, untuk pilpres yang akan datang tetap menggunakan UU Pilpres…
  • sample9

    Revisi UU Pilpres Resmi Dibatalkan

    Badan Legislasi Dewan Perwakilan Rakyat memutuskan untuk menghentikan rencana revisi Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Menurut Ketua Badan Legislasi, Ignatius Mulyono, keputusan ini akan…
  • sample9

    RUU Pilpres Diputus 3 Oktober

    Metrotvnews.com, Jakarta: Hasil lobi antarfraksi terkait menyepakati nasib revisi UU 42/2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden akan diputuskan Kamis (3/10) dan dilakukan di tingkat Badan Legislasi.…