Senin, 19 November 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Reformasi Birokrasi Harus Terus Berlanjut

  • Reformasi birokrasi (RB) diharapkan dapat terus berlanjut meskipun pemerintahan berganti. Setiap presiden maupun kepala daerah patut menjalankan RB. Hal itu disampaikan Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil dan RB (MenPAN dan RB) Azwar Abubakar saat berbincang dengan pimpinan media massa di Jakarta, Selasa (1/4).

    ?"Tujuan akhir reformasi birokrasi ialah terwujudnya birokrasi yang bersih dari KKN dan politisasi. Perlu juga pelayanan publik yang optimal bagi masyarakat dan dunia usaha," kata Azwar Abubakar.

    Dia menjelaskan, salah satu percepatan RB ialah penataan struktur organisasi pemerintahan, penataan jumlah dan redistribusi pegawai negeri sipil (PNS). "Pelaksanaan seleksi Calon PNS dilakukan sangat terbuka dan objektif,"? ucapnya.

    Pada kesempatan yang sama, Wakil MenPAN? dan RB Eko Prasojo mengatakan, Undang-Undang (UU) Nomor 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) akan mengatur penuh manajemen kepegawaian.

    "Rekrutmen dilakukan berdasarkan kualitas dan kompetensi. Kita mengarah pada profesionalisme ASN. Diperkenalkan merit sistem," kata Eko.

    Terkait RB, dia tidak bisa memastikan komitmen presiden terpilih. "Kita tidak tahu apakah presiden nanti punya komitmen terhadap reformasi birokrasi. Meski begitu kita perlu terus gelorakan semangat reformasi birokrasi,"? ucapnya.

    Dia berharap dalam debat calon presiden (capres) akan ada topik RB. "Kita agendakan tema-tema debat capres salah satunya reformasi birokrasi," tegasnya.

    Sementara itu, mantan komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Eri Riyana juga menyatakan bahwa RB merupakan bagian penting pencegahan korupsi.? "Tugas kita semua untuk terus mengawal reformasi birokrasi," tandasnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Parpol berbenah

    MENDEKATI akhir tahun 2013, tensi politik Indonesia kian meningkat. Suasana pun jadi riuh rendah. Menyongsong masuknya tahun 2014 yang disebut-sebut sebagai tahun politik, persaingan kian kentara.Segala hal bisa menjadi sumber…
  • sample9

    Politik dinasti terbentuk karena kesalahan parpol

    Maraknya politik dinasti di beberapa daerah, menjadi tanggung jawab partai politik (parpol). Pasalnya, politik dinasti tidak akan menjadi persoalan jika dalam proses rekruitmen dilakukan transparan dan akuntabel dengan menimbang kemampuan…