Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Mendagri Minta Jaga Kondusifitas Daerah Jelang Pileg 2014

  • PEMILU Legislatif (Pileg) 9 April 2014 tinggal 27 hari lagi. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi meminta daerah untuk dapat menjaga iklim kondusif yang telah tercipta selama ini di daerah dari berbagai potensi gangguan keamanan dalam negeri (kamdagri).

    “Ingat, Pemilu kita tinggal 28 hari lagi. Suasana ini perlu kita jaga. Peringatan dini dan deteksi dini perlu kita lakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang besar,” kata Mendagri saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Tim Terpadu Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri Tahun 2014 di Jakarta, Rabu (12/3) malam.

    Mendagri mengatakan, Inpres Nomor 2 Tahun 2013 dan Inpres Nomor 1 Tahun 2014 tentang Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri terbukti cukup efektif menekan angka konflik sosial dan gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat akhir-akhir ini. Terbukti, angka kasus gangguan keamanan dalam negeri terus menurun sejak 2012. Berdasarkan data Kemendagri, pada tahun 2012 terdapat 129 peristiwa gangguan keamanan dalam negeri. Namun, angka tersebut menurun pada tahun 2013 sebanyak 92 peristiwa, dan pada tahun ini sampai Maret tercatat sebanyak 10 peristiwa.

    “Kalau bisa sampai di angka 10 sja, stop di situ, semoga tetap di angka ini, tidak naik lagi,” harap Mendagri. 

    Mendagri pun mendesak kabupaten/kota untuk segera membentuk Tim Terpadu Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri (Kamdagri). Pasalnya, hingga saat ini, masih banyak daerah yang belum membentuknya. Apalagi, sebentar lagi masyarakat Indonesia akan menghadapi Pileg pada 9 April mendatang.

    “Untuk tingkat provinsi cuma satu provinsi yang belum membentuknya, untuk kota yang sudah membentuk tim terpadu baru 33 daerah, untuk kabupaten baru 145 daerah. Bagi kabupaten/kota yang belum ini harus segera membentuknya,” tegas Mendagri.

    Dalam rakornas yang mengangkat tema “Memantapkan Sinergi Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri Guna Mensukseskan Pelaksanaan Pemilu 2014” ini, Mendagri berpesan tiga hal. Yakni, keterpaduan penanganan gangguan kamdagri yang telah tercipta selama ini dapat dijaga dan ditingkatkan, mencegah dan menyelesaikan secara menyeluruh berbagai potensi gangguan terorisme, serta tim terpadu daerah harus dapat terus meningkatkan kerja sama dan keterpaduan di daerah. 

    “Ingat, Pemilu kita tinggal 28 hari lagi. Suasana yang kondusif selama ini perlu kita jaga. Peringatan dini dan deteksi dini perlu kita lakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang besar,” pesan Mendagri.

    Sementara, Direktur Jenderal (Dirjen) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) A Tanribali Lamo mengatakan, pelaksanaan rakornas ini dimaksudkan untuk beberapa hal. Diantaranya, meningkatkan wawasan aparatur pemerintahan yang tergabung dalam tim terpadu penanganan gangguan kamdagri dalam menyusun rencana aksi di daerah, meningkatkan sinergitas aparatur di daerah, dan sebagai wadah untuk saling tukar-menukar informasi dalam upaya penanganan gangguan kamdagri di daerah. 

    “Serta, menyusun rencana tindak lanjut bersama di daerah dalam rangka penanganan gangguan kamdagri,” ujarnya.


    sumber :  jurnas.com


    Files Download :

Related Posts