Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Tahun Pemilu, Waspadai Mafia Politik dan Hukum

  • Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden akan diselenggarakan tahun ini. Ketua DPR RI, Marzuki Alie mengatakan, masyarakat perlu ikut mengawasi pelaksanaan pemilu. Pengawasan itu dilakukan terutama untuk mafia hukum dan politik.

    Menurut Marzuki, apabila mafia hukum dibiarkan merajalela akan berbahaya untuk pemilu. Begitu pula jika mafia politik didiamkan. Sebab, apabila pemilu diintervensi mafia politik akan membuat politik menjadi kotor.

    "Ini bisa menjadi sesuatu yang menyedihkan untuk kepentingan bangsa ke depannya," kata Marzuki dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta, Minggu (16/2).

    Karena itu, Marzuki berharap semua pihak bisa memiliki idealisme untuk membangun demokrasi. Dengan begitu pemilu bisa berjalan adil, tidak ada intervensi, dan hasilnya memang merupakan pilihan rakyat. "Sehingga peran kita menjadi penting," ucapnya.

    Sementara, Direktur Lembaga Pemilih Indonesia, Boni Hargens menyatakan, keterlibatan masyarakat sipil penting untuk mengawasi pemilu. Pengawasan ini, kata dia, bisa mencegah mafia-mafia bermain dalam pemilu.

    "Butuh pantauan, pengamatan dan keterlibatan masyarakat sipil dan kekuatan lain untuk menjerat mafia ini. Kalau enggak pemilu itu akan menjadi titik permainan besar dari mafia-mafia, dan kita semua akan dikorbankan," ujar Boni.


    sumber : jpnn.com


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…