Kamis, 21 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Antusiasme Masyarakat dalam Mengawasi Pemilu Cukup Tinggi

  • Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) menggelar acara bertajuk Diskusi dan Laporan Publik MataMassa di kantor Bawaslu, Jakarta, Jumat (7/2).

    Melalui aplikasi MataMassa, didapati bahwa antusiasme masyarakat untuk ikut dalam mengawasi pemilu cukup tinggi. Hal ini tampak dari banyaknya laporan warga mengenai pemilu sepanjang Januari - Februari.

    Dalam acara ini, Komisioner Badan Pengawas Pemilu, Nelson Simanjuntak mengatakan, kegiatan Bawaslu ini mendukung adanya pemilu yang bersih dan demokratis.

    "Kegiatan MataMassa ini merupakan suatu kegiatan yang benar-benar mendukung kegiatan Bawaslu dalam rangka mengawasi pemilu dalam bentuk bagaimana supaya pemilu dapat berlangsung secara demokrasi dan dapat diterima masyarakat sesuai dengan peraturan undang-undang," ujarnya.

    Ada sekitar 295 kasus yang diadukan masyarakat. 125 kasus di Jakarta, 100 di Depok, 55 di Tangerang, 8 di Bekasi, dan 7 di Bogor.

    Dari 295 kasus yang telah terverifikasi tersebut, sebagian besar pelanggaran yang dilaporkan masyarakat adalah pelanggaran administratif. Seperti pemasangan alat peraga di fasilitas umum (rumah sakit, sekolah, dll), dan pelanggaran kampanye di televisi.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…