Jumat, 22 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Sukseskan Pemilu 2014, Kesbangpol Gandeng Warga

  • Komisioner KPU Kota Bogor terus gencar melakukan sosialisasi langsung ke masyarakat. Salah satunya sosialisasi di Kecamatan Bogor Barat dan Tanah Sareal, Kamis (6/2). Sosialisasi yang digencarkan KPU akan dilakukan di 6 kecamatan dengan menggandeng Kesbangpol Pemkot Bogor.
    Peserta sosialisasi terdiri dari berbagai unsur. Di antaranya Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), karang taruna, pengurus Rukun Warga (RW), anggota PKK, Ikatan Pekerja Sosial (IPM), serta unsur Muspika dengan jumlah total sebanyak 200 orang.

    Kepala Kesbangpol Aep Syaefudin di sela kegiatan mengatakan, acara itu sengaja digelar salah satunya untuk menghasilkan peningkatan wawasan bagi masyarakat yang berkaitan dengan Pemilu. Terutama untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan haknya pada Pemilihan Legislati (Pileg) 9 April mendatang.

    “Tentunya dengan adanya kegiatan sosialisasi seperti ini, peserta yang hadir sebagai ujung tombak dapat membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mensosialisasikan Pileg 9 April nanti,” kata Aep.

    Diharapkan pula, lanjutnya, peserta yang hadir itu dapat menyampaikan dan memberikan sosialisasi kembali kepada warga lainnya. Sebab, tidak memungkinkan pula seluruh kegiatan sosialisasi dilakukan oleh Pemda dan Kesbangpol.

    Apalagi, masih kata Aep, dengan melihat hasil evaluasi pada Pemilihan Walikota (Pilwakot) Bogor lalu bahwa diketahui tingkat partisipasi pemilih hanya mencapi 60 persen. Sehingga, sambungnya, hal itu bukan hanya sekadar menjadi tanggung jawab pemerintah dan KPU, namun juga semua elemen masyarakat. “Jadi ini merupakan pembelajaran dalam menyongsong Pilpres yang sama lebih pentingnya,” tandasnya.

    Di tempat yang sama, Plt sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Bogor, Ade Sarip Hidayat mengatakan, sosialisasi pemilu itu merupakan sebagai bentuk dukungan dari Pemkot. “Yang terpenting kegiatan Pemilu baik Pileg maupun Pilpres, khususnya di Kota Bogor ini berlangsung dengan sukses dan lancar,” ujarnya.

    Sekdakot menambahkan, tentunya kesuksesan pemilu itu lantaran adanya keikutsertaan dengan menggunakan hak suaranya. Dalam hal ini pemerintah akan memfasilitasi sesuai dengan ketentuan yang ada, dan perlu secara simultan membantu KPU dalam sosialisasi. Sehingga masyarakat Kota Bogor mau termotivasi untuk mengunakan hak suaranya.

    “Termasuk juga calon anggota legislatif (caleg) yang mau berkampanye mengajarkan secara dewasa sesuai dengan ketentuan yang ada. Jadi tidak harus memasang alat peraga di sembarang tempat. Jangan juga menjanjikan yang sekiranya tidak memungkinkan. Mari kita bangun Kota Bogor bersama wakil rakyat dengan kehadiran caleg yang akan ditentukan dalam Pileg 9 April 2014 nanti,” bebernya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…