Jumat, 25 Mei 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Jelang Pemilu 2014, Kapolri Galang Intelijen

  • Polri semakin mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk ambil bagian dalam pengamanan Pemilu 2014. Sejumlah polisi di bagian intel dikelompokkan dalam sebuah komunitas yang diberi nama Operasi Mantab Bhrata.

    Para pejabat telik sandi itu dikumpulkan dalam Rakernis di Rupatama Polri, Senin (3/2). Tak hanya soal pemilu, para pejabat itu juga diperintahkan untuk selalu tanggap atas berbagai informasi soal kerawanan sosial.

    "Intelejen Polri berfungsi mengkonter informasi hingga kepada intelejen. Mereka mengumpulkan info-info di daerah yang kemungkinan berkembang menjadi masalah sosial," kata Kapolri Jenderal Sutarman di Mabes Polri, Jakarta, Senin (3/2).

    Saat ada informasi soal masalah sosial, maka info tersebut akan diteruskan ke atas sehingga akan ada tim yang akan diturunkan sebagai upaya preventif.

    "Supaya info yang disampaikan itu tidak berkembang menjadi masalah dan konflik sosial maupun masalah lain," tambah Sutarman.

    Jenderal bintang empat itu menambahkan jika fungsi intelijen sangat penting, sehingga ada yang mengatakan bahwa siapa yang menguasai informasi, dia yang akan memenangkan peperangan.

    "Kalau info itu jauh hari sudah kita kuasai maka kita juga bisa lakukan langkah preventif maupun penegakan hukum," sambungnya.

    Sutarman mengatakan tidak semua wilayah di Indonesia memiliki intelijen, padahal intelijen harus bisa memiliki jaringan sekecil apapun.

    "Termasuk teman-teman media bisa dijadikan jaringan intelijen, sehingga dia bisa berikan informasi dan intelijen akan menyampaikan ke kita," urainya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…