Senin, 18 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Waspada Kerawanan Pemilu 2014

  • Masyarakat diharapkan selalu waspada terhadap berbagai kerawanan Pemilu 2014. Kerawanan antara lain bisa terjadi pada masa kampanye, pemungutan suara, dan pengumuman pemenang. Tahap kampanye merupakan tahap paling rawan dengan kemungkinan terjadinya bentrokan antara pendukung partai politik.
     
    "Kampanye harusnya digunakan untuk penyampaian visi, misi dan program partai bukan untuk membuat antipati masyarakat,” kata Kepala Pusat Studi Pancasila UGM, Prof. Dr. Sudjito, SH., M.Si di sela-sela persiapan Sarasehan Kebangsaan: Pemilu Damai, Temu Parpol, Pancasila Jaya, di kantor PSP UGM, Kamis (30/1/2014).
     
    Tak kalah pentingnya, kata Sudjito, pada tahap pemungutan suara dan pengumuman pemenang juga menjadi tahap krusial apabila tidak dijalankan secara jujur dan transparan. Berbagai isu pemilu, baik yang terjadi sebelum pemilu, ketika pemilu maupun pasca pemilu perlu dikelola sebaik-baiknya. “Rujukannya adalah Pancasila, UUD 1945 dan UU Pemilu,” tegasnya.
     
    Staf pengajar Fakultas Hukum UGM ini juga prihatin dengan masih lemahnya peraturan terkait pemilu untuk menindak berbagai pelanggaran yang terjadi. Seperti caleg yang mencuri start dalam berkampanye hingga pemasangan alat peraga. Menurut Sudjito hadirnya undang-undang atau peraturan tentang pemilu tidak lepas dari peran partai-partai politik besar yang ingin mencari keuntungan.
     
    “Sering kita lihat peraturan itu diputar-balikan baik dari proses pembuatan, pelaksanaan hingga penegakan sekalipun. Harusnya masyarakat lebih cermat lagi,”tutur Sudjito.
     
    Mengenai Sarasehan Kebangsaan: Pemilu Damai, Temu Parpol, Pancasila Jaya, peneliti PSP UGM, Diasma Sandi Swandaru menjelaskan akan digelar di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoemantri (PKKH) UGM, Sabtu (1/2) mendatang. Acara akan dihadiri sekitar 250 peserta, terdiri dari KPU, Bawaslu, caleg, tokoh masyarakat, TNI/Polri, mahasiswa, wartawan dan masyarakat umum.


    sumber : okezone.com


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…