Kamis, 21 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Parpol Diharapkan Menjadi Panutan di Pemilu

  • Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Barat berharap para pembina Partai Politik (Parpol) jadi panutan di masyarakat dalam mendorong terwujudnya Pemilu yang jujur dan adil.

    "Rata-rata kepala daerah, baik bupati hingga jabatan gubernur merupakan pembina Parpol. Mereka-mereka itulah yang diharapkan berada digarda terdepan untuk mendukung hadirnya Pemilu yang bersih," kata Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuria, di Mamuju, Kamis (30/1).

    Menurut dia, pembina Parpol yang nota bene memiliki basis massa besar harusnya menjadi panutan atau memberikan contoh yang baik selaku warga negara.

    Bukan berarti ada kepala daerah di Sulbar yang kerap melakukan penghasutan, namun jajaran KPU hanya mengingatkan agar pembina Parpol ikut berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita besar yakni menghadirkan Pemilu yang berkualitas.

    Usman mengatakan, untuk menghadirkan Pemilu yang berkualitas maka tugas itu bukan hanya berada ditangan KPU, namun peran Parpol juga sangat menentukan.

    "Ketidakadilan muncul ketika ada pihak yang merasa dirugikan akibat keputusan yang salah sehingga muncul huru hara dimana-mana," katanya.

    Oleh sebab itu, ia melanjutkan, KPU akan tetap menjaga diri untuk tidak terkontaminasi dengan kepentingan mana pun, terlebih memihak kepada parpol, para penguasa yang ada di daerah ini.

    Terkait dengan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), maka penyelenggara tidak akan tebang pilih melaksanakan aturan yang ada.

    "Parpol harus paham terhadap aturan kapan APK bisa digunakan. Jangan hanya KPU dituntut untuk konsekuen tetapi parpol pun harus konsisten," kata Usman.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Penting, Keberadaan Politisi Muda dalam Parpol

    Keberadaan politisi muda dalam partai politik (parpol) dinilai penting. Pasalnya, parpol membutuhkan regenerasi kader agar eksistensi politik tetap terjaga. "Tentu keberadaan politisi muda dalam suatu partai politik itu sangat penting.…
  • sample9

    Bawaslu harus cek dana kampanye parpol

    Partai politik (parpol) sudah menyerahkan laporan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diminta untuk menelusuri kebenaran dana kampanye tersebut."Harus ada upaya dari Bawaslu untuk mengecek…
  • sample9

    Ini batasan sumbangan dana kampanye parpol

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuat batasan kepada calon penyumbang partai politik (parpol) untuk pembiayaan pada Pemilu 2014 mendatang. KPU membatasi bagi penyumbang parpol dengan batasan minimal Rp1 miliar untuk…
  • sample9

    Parpol berbenah

    MENDEKATI akhir tahun 2013, tensi politik Indonesia kian meningkat. Suasana pun jadi riuh rendah. Menyongsong masuknya tahun 2014 yang disebut-sebut sebagai tahun politik, persaingan kian kentara.Segala hal bisa menjadi sumber…
  • sample9

    Politik dinasti terbentuk karena kesalahan parpol

    Maraknya politik dinasti di beberapa daerah, menjadi tanggung jawab partai politik (parpol). Pasalnya, politik dinasti tidak akan menjadi persoalan jika dalam proses rekruitmen dilakukan transparan dan akuntabel dengan menimbang kemampuan…
  • sample9

    Program Parpol Harus Pro Masyarakat

    Dengan sistem proporsional terbuka, partai politik peserta pemilu harus memiliki program yang berpihak kepada masyarakat. Sebab, saat ini masyarakat lebih pragmatis terhadap dunia perpolitikan.