Senin, 18 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Publik Ingin Capres Muda pada Pemilu 2014

  • Tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 mendatang akan mengalami peningkatan jika calon yang diusung partai politik adalah tokoh muda. 

    Hal tersebut berdasarkan survei yang dilakukan Institut Riset Indonesia (Insis) yang dirilis di Jakarta, Minggu (12/1/2014). 

    Ketika diajukan pertanyaan terbuka, hanya 51,3 responden yang menyatakan akan menggunakan hak pilihnya. Sebanyak 38,22 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Sementara sebanyak 10.46 persen mengaku tidak akan menggunakan hak pilihnya. 

    "Kita lihat, hanya setengah dari responden yang mengaku akan menggunakan hak pilihnya, ini kecil sekali," kata peneliti Insis, Mochtar W Oetomo.   

    Kondisi ini berbeda ketika pertanyaan diberikan ke responden dengan mengajukan beberapa nama tokoh muda yang usianya di bawah 55 tahun, seperti Joko Widodo, Priyo Budi Santoso, dan Harry Tanoe Soedibjo. 

    Responden yang mengatakan akan menggunakan hak pilih melonjak menjadi 81,86 persen. Responden yang mengaku tidak tahu atau tidak menjawab turun menjadi sebesar 13,92 persen. Sementara responden yang mengaku tidak akan menggunakan hak pilih juga turun menjadi 4,2 persen. 

    Sementara saat diajukan nama tokoh tua yang berusia di atas 55 tahun, seperti Megawati Soekarno Putri, Aburizal Bakrie, dan Prabowo Subianto, tingkat partisipasi publik kembali menurun. 

    Responden yang mengaku akan menggunakan hak pilihnya hanya 63,36 persen. Responden yang mengaku tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 28,31 persen. Sementara yang tidak menggunakan hak pilihnya sebanyak 8,31 persen. 

    "Apa artinya? Ini artinya masyarakat memang sudah bosan dengan tokoh lama yang '4L: lo lagi, lo lagi'. Masyarakat menginginkan ada tokoh baru," cetusnya.   

    Survei ini dilakukan pada 4 Desember 2013 sampai 8 Januari 2014 di 34 provinsi di seluruh Indonesia dengan menggunakan metodologi rambang berjenjang (multistage random sampling). 

    Jumlah responden 1.070 orang dengan margin of error ± 3 persen danlevel of confidence 95 persen. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan pedoman kuesioner.


    sumber : kompas.com


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Capres Harus Punya Visi Perubahan Pendidikan

    Budayawan, Benny Susetyo, mengatakan calon presiden (capres) yang akan maju pada bursa Pemilihan Umum Presiden, 9 Juli 2014, harus mempunyai visi perubahan pada bidang pendidikan.Menurut Benny, selama ini pendidikan di…
  • sample9

    Banyak Pasangan Capres, Giring Rakyat Gunakan Rasionalitas

    Pakar Hukum Tata Negara, Andi Irmanputra Sidin mengatakan, putusan Mahkamah Konstitusi No 108/PUU XI/2013 yang menolak permohonan Yusril Ihza Mahendra miliki alasan rasional karena sebelumnya perkara sejenis sudah beberapa kali…