Rabu, 20 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Jelang Pemilu, Antisipasi Konflik di 6 Wilayah

  • Menjelang pemilihan umum (pemilu) yang akan digelar tahun ini, Indonesia Police Watch (IPW) menilai, terdapat enam wilayah rawan konflik yang perlu diantisipasi pemerintah dan Polri. Keenam wilayah tersebut adalah Papua, Jawa Barat, Jakarta, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Jawa Tengah. Konflik di wilayah tersebut berpotensi muncul pada pemilu legislatif (pileg) dan pemilihan umum presiden (pilpres).

    “Pemerintahan Presiden SBY perlu meminta Polri mengantisipasi enam daerah yang diprediksi sebagai wilayah paling rawan itu. Di keenam wilayah tersebut paling banyak terjadi konflik sosial,” kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane, di Jakarta, Minggu (5/1).

    Berdasarkan catatan IPW sepanjang 2013, di Papua terjadi 24 konflik sosial yang menelan 59 korban jiwa, tiga di antaranya adalah polisi, dan sembilan anggota TNI. Sementara, di Jabar terdapat 24 konflik sosial yang menimbulkan 29 korban jiwa, dan 23 luka-luka. Sepuluh orang diantaranya merupakan aparat polisi dan satu TNI.

    Sedangkan di Sumut, terdapat 10 peristiwa konflik yang menimbulkan 21 korban jiwa, dan satu bangunan lembaga pemasyarakatan hangus terbakar. Di Sulsel, terjadi 10 peristiwa konflik yang menimbulkan delapan korban jiwa dan 28 orang luka-luka termasuk 17 anggota polisi.

    Di Jakarta terdapat 18 peristiwa yang menimbulkan 12 orang tewas, dan 11 orang terluka tiga di antaranya merupakan anggota polisi sedangkan di Jateng terdapat 10 konflik sosial yang menyebabkan tujuh orang tewas, 46 orang luka-luka, satu mobil, dan 70 motor terbakar.

    “Banyaknya korban jiwa dalam konflik sosial di 2013 menunjukkan bahwa negara melakukan pembiaran terhadap pemeliharaan keamanan. Jika kondisi ini tetap dibiarkan diperkirakan akan memberi kontribusi bagi gangguan keamanan di tahun politik 2014. Sebab itu pemerintah dan Polri perlu mengantisipasinya,” kata Neta.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…