Minggu, 24 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Terorisme dan Peretasan Ancam Keamanan Pemilu

  • Proses pelaksanaan tahapan Pemilu 2014 terus berjalan. Ancaman terhadap pelaksanaan Pemilu pun bermunculan, baik dari para teroris maupun para peretas.

    Polisi berhasil melumpuhkan teroris di Banyumas dan Tangerang beberapa waktu yang lalu. Atas penangkapan teroris, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irjen (Purn) Ansyaad Mbai memberi isyarat akan ancaman teroris terhadap penyelenggaraan Pemilu 2014.

    "Suka atau tidak suka, ancaman teroris terhadap Pemilu 2014 itu ada," kata Ansyaad di Jakarta, Jumat (3/1).

    Teroris menjadi ancaman terhadap keamanan pemilu karena musuh utama para teroris adalah demokrasi. Padahal, pemilu merupakan sarana demokrasi. Dengan peringatan terhadap ancaman tersebut, polisi diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman tersebut dan tidak lengah. 

    Dari BNPT, katanya, sudah mencium adanya ancaman tersebut dan melakukan langkah-langkah antisipasi. Langkah pertama, katanya, polisi harus meningkatkan kewaspadaan dan harus terus mengejar teroris yang sekarang masih ada di lapangan. Selain itu, peran media juga diperlukan untuk memberitakan agar para korban dan para calon korban yang disesatkan oleh teroris sadar.

    Selain ancaman terorisme, keamanan penyelenggaraan pemilu juga terancam dengan adanya peretasan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Laman DKPP pada Jumat (27/12) yang lalu telah diretas sehingga banyak putusan sidang di DKPP yang tidak bisa diunduh melalui online.

    Menanggapi ancaman dari para peretas tersebut, Kepala KPU Husni Kamil Manik mengatakan dalam dunia maya semakin dinyatakan sebuah laman dinyatakan aman, laman tersebut menjadi semakin tidak nyaman dan tidak aman. "Kita lakukan sejak awal adalah membangun aplikasi yang digunakan lebih terjamin keamananya," katanya.

    Husni tidak bisa memberikan jaminan laman yang dimiliki KPU aman, tetapi pihaknya akan terus berupaya agar laman KPU tidak diretas.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…