Senin, 19 November 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Pemilu 2014 Diprediksi Lebih Andalkan Tokoh Ketimbang Parpol

  • Prapancha Research memprediksi pemilu 2014 akan mengandalkan tokoh ketimbang partai politik (parpol) itu sendiri.

    "Indikatornya karena perbincangan perihal parpol di ranah digital tidak menyiratkan kecenderungan akun bersangkutan memilih parpol terkait, berbeda dengan tokoh," ujar peneliti Prapancha Research M. Nirasma saat ditemui di Presentasi Prediksi Kondisi Sosial – Politik 2014, Depok, Jumat (03/01).

    Menurut Nirasma, Prapancha Research mencoba membandingkan bagaimana sebenarnya sikap masyarakat terhdap tokoh dan parpol melalui perbincangan digital di forum dan blog.

    "Saat publik di ranah digital membicarakan parpol, pembicaraan itu tidak berkorelasi positif dengan kecenderungan mereka memilih parpol tersebut," ungkapnya.

    Dalam hasil riset Prapancha Research, pembicaraan yang menunjukkan dorongan untuk memilih PDIP ada 34 pembicaraan dan 1.006 pembicaraan lainnya tidak menunjukkan dorongan untuk memilih. Adapun untuk Partai Demokrat tujuh pembicaraan menunjukkan dorongan memilih dan 804 pembicaraan tidak menunjukkan dorongan untuk memilih.

    Tidak ada pembicaraan yang menunjukkan dorongan memilih Partai Golkar dan 1.470 pembicaraan tak menunjukkan dorongan memilih.

    "Berbeda ketika tokoh dibicarakan dalam forum dan blog, maka perbincangan yang sama memuat tendensi untuk memilih tokoh itu. Bisa disimpulkan masyarakat punya kecenderungan memilih tokoh daripada parpol," lanjut Nirasma.

    Pembicaraan yang menunjukkan dorongan untuk memilih Joko Widodo ada 8.700 pembicaraan dan 7.100 pembicaraan tidak menunjukkan dorongan memilih Jokowi.

    Adapun untuk Dahlan Iskan 600 pembicaraan menunjukkan dorongan memilih dan 830 pembicaraan tidak menunjukkan dorongan memilih serta 43 pembicaraan menunjukkan dorongan memilih Anies Baswedan dan 159 tidak menunjukkan dorongan memilih.

    Metodologi penelitian yang dilakukan oleh Prapancha Research ini diperoleh dari kata kunci yang diolah dari lima media online terkemuka serta jejaring sosial blog, forum, dan twitter sepanjang tahun 2013 lalu.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…