Sabtu, 23 Maret 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ormas Diminta Ikut Bantu Amankan Pemilu

  • Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengharapkan keterlibatan organisasi kemasyarakatan (oRMAS) dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2014.

    "Kemampuan panwaslu terbatas, baik dari segi personel maupun anggaran, makanya dengan melibatkan organisasi kemasyarakatan ini diharapkan dapat ikut menyukseskan pemilu," kata Ketua Panwaslu Cilacap Bahtiar Hastiarto, di Cilacap, Minggu (15/12). 

    Bahtiar mengatakan hal itu kepada Antara di sela-sela peluncuran Gerakan Satu Juta Relawan di Pendopo Wijayakusuma Cakti, Kabupaten Cilacap.

    Menurut dia, keterlibatan organisasi kemasyarakatan ini dalam hal pengawasan, sehingga Pemilu 2014 dapat berjalan dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

    Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa peluncuran Gerakan Satu Juta Relawan ini lebih difokuskan pada pelajar dan mahasiswa yang masuk dalam kategori pemilih pemula.

    "Mereka diharapkan menjadi corong bagi para pemilih pemula lainnya di tingkat komunitas masing-masing," katanya.

    Selain itu, kata dia, keterlibatan pelajar dan mahasiswa dalam pengawasan pemilu dapat menjadi pendidikan politik agar mereka sadar bahwa ada hak dan kewajiban yang dijamin konstitusi, salah satunya hak-hak politik dalam pemilu.


    sumber : aktual.co


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…