Senin, 18 Februari 2019 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ormas Diminta Ikut Bantu Amankan Pemilu

  • Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengharapkan keterlibatan organisasi kemasyarakatan (oRMAS) dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2014.

    "Kemampuan panwaslu terbatas, baik dari segi personel maupun anggaran, makanya dengan melibatkan organisasi kemasyarakatan ini diharapkan dapat ikut menyukseskan pemilu," kata Ketua Panwaslu Cilacap Bahtiar Hastiarto, di Cilacap, Minggu (15/12). 

    Bahtiar mengatakan hal itu kepada Antara di sela-sela peluncuran Gerakan Satu Juta Relawan di Pendopo Wijayakusuma Cakti, Kabupaten Cilacap.

    Menurut dia, keterlibatan organisasi kemasyarakatan ini dalam hal pengawasan, sehingga Pemilu 2014 dapat berjalan dengan langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

    Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa peluncuran Gerakan Satu Juta Relawan ini lebih difokuskan pada pelajar dan mahasiswa yang masuk dalam kategori pemilih pemula.

    "Mereka diharapkan menjadi corong bagi para pemilih pemula lainnya di tingkat komunitas masing-masing," katanya.

    Selain itu, kata dia, keterlibatan pelajar dan mahasiswa dalam pengawasan pemilu dapat menjadi pendidikan politik agar mereka sadar bahwa ada hak dan kewajiban yang dijamin konstitusi, salah satunya hak-hak politik dalam pemilu.


    sumber : aktual.co


    Files Download :

Related Posts