Senin, 23 April 2018 | Selamat Datang di Website Kesbangpol...
 
 

Ormas & media berperan ciptakan kondisi kondusif

  • Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Muhammad mengatakan, tokoh ormas dan media massa berperan penting dalam mengkondisikan situasi provinsi atau daerah dalam menghadapi pemilihan umum (pemilu).

    Menurutnya, hal itu karena ormas, terutama media massa, bersinggungan langsung dengan masyarakat.

    "Kalangan media massa mengambil peran lebih besar dalam menciptakan kondusif atau tidaknya situasi politik dan keamanan di daerah melalui pemberitaan dan pembentukan opini di medianya," kata Muhammad, lewat rilisnya kepada Sindonews, Sabtu 14 Desember 2013.

    Dia menganalogikan, dengan kondisi demikian, bila pengawasan pemilu tidak dibantu partisipasi aktif masyarakat, maka petugas Pengawas Pemilu Lapangan (PPL), bisa saja hanya duduk di bawah pohon dengan hanya menebak-nebak ada atau tidak pelanggaran pemilu di TPS yang diawasinya.

    "Hal ini mengingat begitu banyak jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang diawasi dalam satu desa atau kelurahan sementara petugasnya hanya berjumlah 1-5 orang," ucapnya.

    Meskipun esensi pelatihan pelatihan pengawasan Pemilu bagi media massa dan ormas tahun 2013 lebih dititikberatkan pada pelaksanaan Pemilu legislatif dan Presiden tahun 2014 mendatang. 

    "Namun Bawaslu pada tahun 2013, lebih memprioritaskan atau mendahulukan pelatihan pengawasan pemilu tersebut di provinsi yang menggelar Pemilukada dan provinsi rawan konflik horizontal antar pendukung calon kepala daerah," pungkasnya.


    Files Download :

Related Posts

  • sample9

    Pemilu 2014, Target Teroris

    Terorisme di Indonesia bak amoeba yang dengan cepatnya membelah diri sehingga terus berkembang dan bertambah banyak. Itu sebabnya, Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) mengingatkan masyarakat agar selalu waspada terhadap ancaman…
  • sample9

    Inilah 14 Kerawanan Pemilu 2014

    Lembaga Indonesian Parliamentary Center menyebutkan 14 kerawanan yang harus diwaspadai dalam penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014. "Ada 14 potensi kerawanan yang dapat mengganggu kualitas penyelenggaran Pemilu Legislatif 2014," kata Sulastio…
  • sample9

    JPPR Harapkan Partisipasi Masyarakat Pantau Pemilu 2014

    Deputi Internal Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR), Masyukurudin Hafidz mengatakan media sosial selama ini cukup efektif dalam penyebaran informasi dan pemantauan pemilu. Diharapkan melalui media sosial juga bisa memberi…
  • sample9

    Pengamat: Caleg Muda Meriahkan Pemilu 2014

    Pengamat bidang sosial politik, Ihsanudin Husin berpendapat, kehadiran calon anggota legislatif dari kalangan muda, sangat bagus untuk memeriahkan Pemilu 2014."Apalagi kalau calon anggota legislatif (caleg) muda tersebut memiliki kualitas dan…